MENAIKKAN LABA USAHA DENGAN MENGGUNAKAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK BATIK LINA JOGJA
Main Article Content
Abstract
The continued stage of community service activities provides training on digital marketing and also the use of platforms that are in accordance with the needs of partners. The partners given by training are UD Batik Lina Jogja which produces and also sells batik in retail and wholesale. The problem that occurs is the increasing number of similar trading businesses and high competition makes it all more difficult to compete to get consumers. The solution needed is training and understanding of the importance of marketing through social media. Then proceed to an understanding of the platform used on the right social media. The platform chosen in this promotion is Instagram and the evaluation processes continue on the Tiktok platform using a live host. The results observed before this trading business training are still not understanding and clear about the social media platform. The lack of knowledge about social media has an impact on the lack of promotions that were previously carried out. After training Lina's trading business became understanding and began marketing her products through the Instagram platform and continued to Tiktok to raise profits.
ABSTRAK
Tahap lanjutan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan pelatihan mengenai pemasaran digital dan juga penggunaan platform yang sesuai dengan kebutuhan mitra. Adapun mitra yang diberikan pelatihan adalah UD Batik LINA Jogja yang memproduksi dan juga melakukan penjualan batik secara eceran dan grosir. Masalah yang terjadi adalah semakin banyaknya usaha dagang yang sejenis dan persaingan yang cukup tinggi membuat semuanya semakin sulit untuk bersaing mendapatkan konsumen. Solusi yang dibutuhkan adalah pelatihan dan pemahaman mengenai pentingnya pemasaran melalui media sosial. Kemudian dilanjutkan pemahaman mengenai platform yang digunakan pada sosial media yang tepat. Platform yang dipilih dalam promosi ini adalah Instagram dan masih proeses evaluasi berlanjut pada platform TikTok dengan menggunakan host live. Hasil yang diamati sebelum dilakukan pelatihan usaha dagang ini masih belum paham dan jelas mengenai platform media sosial. Minimnya pengetahuan mengenai media sosial berdampak pada kurangnya promosi yang sebelumnya dilakukan. Setelah dilakukan pelatihan Usaha Dagang Lina menjadi paham
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Febriyantoro, M. T. dan Arisandi, D. (2018), “Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”, JMD :Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, Vol. 1, No. 2, pp. 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hapsoro, B. B; Palupiningdyah; dan Slamet, A. (2019), “Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang”, ABDIMAS, Vol. 23, No. 2, pp. 117-120.
Kamil, I; Bakri, A. A; Salingkat, S; Ardenny; Tahirs, J. B; Alfiana (2022), “Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce”, Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, Vol. 3, No. 2, pp. 517-526.
Purwana, E.S; Dedi; Rahmi; Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM), Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1, No.1, pp. 1–17.
Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020), “Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan”, KOMVERSAL: Jurnal Komunikasi Universal, Vol. 2, No. 1, pp. 28–50.
Saktiana, G. M. (2023a), “Penerapan Aktivitas Social Media Marketing Pada Pemilihan Destinasi Liburan”, Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol. 20, No. 1, hal: 733-748.
Saktiana, G. M. (2023b), “Pendampingan Pemasaran Digital Untuk UMKM Muja Muju Umbulharjo”, Jurnal Serina Abdimas, Vol. 1, No. 2, pp. 842-848.