PENDAMPINGAN SISWA SMA DALAM MENYUSUN KERTAS KERJA PERUSAHAAN JASA

Main Article Content

Nataherwin
Rinanti Dwi Patria Ningsih

Abstract

The Community Service Program (PKM) aims to enhance the understanding of accounting among students at SMAN 2 Jakarta, particularly in the preparation of working papers for service companies. This activity is motivated by the urgent needs of the partner school, SMAN 2 Jakarta, which feels that the current discussion of accounting subjects in class lacks real-world problem-solving examples and requires the implementation of the concepts they learn in class into real-world scenarios. Therefore, the team of lecturers and students from the Faculty of Economics and Business at Tarumanagara University provided training covering various aspects of accounting, such as ledgers, posting, trial balance, and working papers. This activity began with a survey to identify the school's needs and was followed by training on March 8, 2024. A total of 26 students from class XI IPS participated in this session, which also involved practice questions and quizzes to measure their understanding. Quiz results showed that 80% of students were able to answer questions correctly, and based on the questionnaires filled out by the students, most of them understood the material presented. This indicates the success of this activity in improving students' competence in accounting. This activity contributes positively to preparing students for the workforce and further studies in the fields of economics and business.


ABSTRAK


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMAN 2 Jakarta mengenai akuntansi, khususnya dalam penyusunan kertas kerja perusahaan jasa. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh kebutuhan mendesak dari sekolah mitra yaitu SMAN 2 Jakarta yang merasa bahwa saat ini pembahasan materi mengenai mata Pelajaran akuntansi dikelas kurang memberikan gambaran mengenai pembahasan soal yang lebih nyata dan perlu adanya implementasi konsep yang mereka pelajari dikelas dengan dunia nyata. Oleh karena itu, Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Tarumanagara memberikan pelatihan yang mencakup berbagai aspek akuntansi, seperti buku besar, posting, neraca saldo, dan kertas kerja. Kegiatan ini diawali dengan survei untuk mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan diikuti dengan pelaksanaan pelatihan pada 8 Maret 2024. Sebanyak 26 siswa kelas XI IPS mengikuti sesi ini, yang juga melibatkan latihan soal dan kuis untuk mengukur pemahaman mereka. Hasil kuis menunjukkan bahwa 80% siswa mampu menjawab pertanyaan dengan tepat, serta berdasarkan hasil kuesioner yang diisi para siswa tersebut mendapat hasil bahwa sebagian besar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Hal ini menandakan keberhasilan kegiatan ini dalam meningkatkan kompetensi siswa di bidang akuntansi. Kegiatan ini berkontribusi positif dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja dan studi lanjutan di bidang ekonomi dan bisnis

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. (2023). Katalog Statistik Indonesia. Badan Pusat Statistik.

Kimmel, P. D., Weygandt, J. J., & Kieso, D. E. (2020). Financial Accounting: Tools for Business Decision-Making. John Wiley & Sons.

Merdekawati, E., Pratiwi, R., & Hidayati, A. (2022). Penguatan pemahaman siswa kelas XII melalui pelatihan akuntansi. Jurmas Sosial dan Humaniora, 3(1), 240-244. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i1.83

Sutrisno, P., Rudyanto, A., Tjhai, F. J., Destriana, N., & Marlinah, A. (2023). Pendakimpingan Dosen pada Pembelajaran Akuntansi Secara Daring di SMA Santo Kristoforus II. Surya Abdimas, 7(1), 137–147. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2500

Zakiyyah, A. M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Keuangan di UMKM Rindu.Id di Kabupaten Jember. Journal of Community Development, 1(2), 36-40. https://doi.org/10.47134/comdev.v1i2.