MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA PADA SISWA SMA HARAPAN JAYA MELALUI PELATIHAN COST-VOLUME-PROFIT ANALYSIS
Main Article Content
Abstract
This training participants were attended by class XII students of SMA Harapan Jaya which is located at Jalan Daan Mogot Km.13 Cengkareng Timur, West Jakarta, with a total of 17 students. The training was held on Friday, March 1 2024 at 10.00-12.00 a.m using explanation and discussion method. The school contributes in providing training participants, facilities and infrastructure needed for the training activities. Participants were quite enthusiastic and had good interactions in participating in the training. There are significant differences in results in the pre-test and post-test. Before the training was given, students did not understand the cost-volume-profit analysis. However, after being given an explanation and retested with a post-test, they were able to understand and work on the questions given with satisfactory results. Based on the answers to the questionnaire distributed, as many as 82.23% of respondents stated that they were satisfied with the training provided. The advice given by respondents was that they wanted to receive similar training again, either on the same topic or on a different topic. This PKM activity has several limitations. First, the students who took part in this training only came from class XII Science. Second, the time given is limited. Suggestions for future training are twofold. First, provide training on the same topic to class XII IPS students. Second, extend the training time. There are two outputs that will be produced: scientific publications in ISSN journals and HKI
ABSTRAK
Mitra PKM adalah SMA Harapan Jaya yang beralamat di Jalan Daan Mogot Km.13 Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Peserta pelatihan dihadiri oleh peserta didik kelas XII dengan jumlah peserta 17 siswa. Pelatihan dilaksanakan pada hari Jumat, 01 Maret 2024 pukul 10.00-12.00 pagi menggunakan metode ceramah dan diskusi secara onsite. Pihak sekolah berkontribusi dalam hal penyediaan peserta pelatihan, sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan PKM. Peserta cukup antusias dan mempunyai interaksi yang baik dalam mengikuti pelatihan. Ada perbedaan hasil yang signifikan dalam pre-test dan post-test. Sebelum pelatihan diberikan, peserta didik belum mengerti tentang sistem akuntansi pesanan. Namun, setelah diberikan penjelasan dan diuji ulang dengan post-test, mereka dapat memahami dan mengerjakan soal yang diberikan dengan hasil yang memuaskan. Berdasarkan jawaban atas kuesioner yang disebarkan, sebanyak 82,23% responden menyatakan puas dengan pelatihan yang diberikan. Saran yang diberikan responden adalah mereka ingin mendapatkan kembali pelatihan-pelatihan yang sejenis baik dengan topik yang sama maupun dengan topik yang berbeda. Kegiatan PKM ini mempunyai beberapa keterbatasan. Pertama, peserta didik yang mengikuti pelatihan ini hanya berasal dari kelas XII IPA. Kedua, waktu yang diberikan terbatas. Saran untuk pelatihan mendatang ada dua. Pertama, memberikan pelatihan dengan topik yang sama kepada peserta didik kelas XII IPS. Kedua, mengusulkan agar Mitra dapat menyediakan pelatihan dalam dua sesi pelajaran sehingga pemaparan materi dapat lebih mendalam. Ada dua luaran yang akan dihasilkan, yaitu: luaran wajib berupa Publikasi ilmiah pada jurnal ber ISSN dan luaran tambahan berupa HKI. berupa karya yang dapat dicatatkan sebagai HKI.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Muslichah, & Bahri, S. (2021). Akuntansi manajemen: Teori dan aplikasi (Edisi 1). Mitra Wacana Media.
Garrison, R. H., Noreen, E. W., & Brewer, P. C. (2021). Managerial accounting (17th ed.). McGraw-Hill.
Gupta, M. P., & Gupta, A. (2023). Cost and management accounting (1st ed.). Sultan Chand & Sons.
Horngren, C. T., Datar, S. M., & Rajan, M. V. (2021). Cost accounting: A managerial emphasis (Global ed., 17th ed.). Pearson.
Mowen, M. M., Hansen, D. R., & Heitger, D. L. (2017). Managerial accounting (7th ed.). Cengage Learning.
Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Aly, I. M. (2021). Managerial accounting: Tools for business decision making (6th Canadian ed.). John Wiley & Sons.
CNN Indonesia. (2023, May 5). Pengangguran di RI terbanyak lulusan SMK. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230505130917-92-945695/pengangguran-di-RI-terbanyak-lulusan-smk