STRATEGI UMKM MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DI ERA DIGITAL
Main Article Content
Abstract
To face the challenges of today's digital era, marketing strategies must be changed. Changes in consumer behavior are the main component that influences changes in marketing strategy. As today's customers access information more frequently via the internet and social media, organizations must change the way they understand customer preferences and desires. The aim of this community service activity is to increase public awareness about the phenomenon of changes in marketing strategies that occur in facing challenges in the digital era. The activity method is training. Due to changes in consumer behavior, industrial problems, and the pace of technological progress, it is hoped that this activity will help MSMEs create innovative and creative marketing strategies. In today's era of computers and the internet, managing change has become crucial to dealing with difficulties and taking advantage of opportunities. Business owners are also advised by team to use technology to help their management processes. By using innovative, data-driven marketing strategies, businesses can succeed in today's tight digital marketplace. Future business success depends not only on mastery of technology, but also on the ability to innovate, adapt and understand market dynamics. MSMEs must be able to manage change effectively and take advantage of new possibilities. Community service activities were carried out on March 30 2024 in Kelapa Dua Village, Tangerang, and the participating partners were MSMEs who work in the culinary, creative and fashion industries. Mitra has experienced a decline in customers since the pandemic due to customer preferences for shopping online, which is easier, cheaper and more efficient.
ABSTRAK
Untuk menghadapi tantangan di era digital saat ini, strategi pemasaran harus diubah. Perubahan dalam perilaku konsumen adalah komponen utama yang mempengaruhi perubahan strategi pemasaran. Karena pelanggan saat ini lebih sering mengakses informasi melalui internet dan media sosial, organisasi harus mengubah cara mereka memahami preferensi dan keinginan pelanggan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang fenomena perubahan strategi pemasaran yang terjadi dalam menghadapi tantangan di era digital. Metode kegiatan berbentuk pelatihan. Karena perubahan perilaku konsumen, masalah industri, dan laju kemajuan teknologi, kegiatan ini diharapkan akan membantu para pelaku UMKM menciptakan strategi pemasaran yang inovatif dan kreatif. Di era komputer dan internet saat ini, mengelola perubahan menjadi sangat penting untuk menangani kesulitan dan memanfaatkan peluang. Pemilik bisnis juga disarankan oleh tim pkm untuk menggunakan teknologi untuk membantu proses manajemen mereka. Dengan menggunakan strategi pemasaran inovatif dan berbasis data, bisnis dapat berhasil di pasar digital yang sangat ketat saat ini. Kesuksesan bisnis di masa depan tidak hanya bergantung pada penguasaan teknologi, tetapi juga pada kemampuan untuk berinovasi, beradaptasi, dan memahami dinamika pasar. UMKM harus dapat mengelola perubahan secara efektif dan memanfaatkan berbagai kemungkinan baru. Kegiatan pengabdian masyarakat terlaksana pada tanggal 30 Maret 2024 di Kelurahan Kelapa Dua, Tangerang, dan mitra peserta adalah pelaku UMKM yang bekerja di industri kuliner, kreatif, dan fashion. Mitra mengalami penurunan pelanggan sejak pandemi karena preferensi pelanggan untuk berbelanja secara online, yang lebih mudah, lebih murah, dan lebih efisien.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bitship. (2023). Kenali Cara Mengatasi Perubahan Perilaku Konsumen di Era Digital. Biteship.Com. https://biteship.com/blog/perubahan-perilaku-konsumen/
Budi, J. (2022). Memahami Perilaku Konsumen Era Digital. Sobat Pajak. https://www.sobatpajak.com/article/63284545c6df9c22701def73/Memahami Perilaku Konsumen Era Digital
Darmawan, P. A. D. T., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada Florist Online di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 2076–2104.
Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2020). Mengenal dan Mengantisipasi Hoax di Media Sosial pada Kalangan Pelajar. Jurnal Abdi MOESTOPO, 03(01), 9–12.
SCHIFFMAN, L. G. (2015). Consumer Behavior. Prentice-Hall International, Inc.
Siregar, Y. B. (2022). Evolusi Perilaku Konsumen Di Era Digital. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita –. https://id.wikipedia.org/
Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640
Tartila, M., & Asmuni. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3310. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6408
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550