IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PENGENALAN KARAKTER DAN HARDSKILL UNTUK SISWA SDN CIHERANG 01

Main Article Content

Jelita D. S. L. Sihite
Ida Bagus R. L. P. Wijaya
Avan Suwandana
Yeremias A. Suarlembit
Muhammad D. Mahyusa
Fransisca I. R. Dewi

Abstract

Education is an important endeavor in nation building. In the State of Indonesia, all citizens have the right to education as stated in Article 31 paragraph 1 of the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia. The government also created the Merdeka Curriculum program, but not all schools in Indonesia can implement the Merdeka Curriculum due to various aspects. One of them is located in Cianjur Regency, Pacet District, Ciherang Village, namely SDN Ciherang 01. SDN Ciherang 01 has quite complete facilities, such as musical instruments, but they are not used as learning objects for the students of SDN Ciherang 01 due to the lack of teachers' ability to teach musical instruments. There were also students with special needs who were mistreated by their classmates, which reduced their potential. The PKM team provided a character and skills recognition program for students at SDN Ciherang 01 by conducting bullying exposure, introduction to musical instruments, and introduction to the Youth Red Cross (PMR). Implementation method: First, coordination with partners (SDN Ciherang 01) to organize the implementation. Second, in determining the activity material, the team focused on introducing musical instruments at SDN Ciherang 01, introducing the activities of the Youth Red Cross, introducing the belajar.id account, and teaching about bullying. Third, the implementation with the aim that students can understand and know how to use musical instruments, how to provide first aid in natural disasters or accidents, and bullying. The results of the activity show that most of the 61 students can understand how to use musical instruments and can remember the names of the musical instruments that were taught. Most of the 36 students can remember what to do for first aid in case of natural disaster or accident.  A small number of students still bully their classmates, so the team made "Stop Bullying" posters to display around the school.


 


Pendidikan merupakan suatu usaha penting dalam membangun sebuah bangsa. Di Negara Indonesia, seluruh warga berhak mendapatkan pendidikan, hal ini tertuang dalam Pasal 31 ayat 1 Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemerintah juga membuat program Kurikulum Merdeka, namun tidak semua sekolah di Negara Indonesia dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang disebabkan dari berbagai aspek. Salah satunya terletak di wilayah Kabupaten Cianjur, Kecamatan Pacet, Desa Ciherang yaitu SDN Ciherang 01. SDN Ciherang 01 memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti alat music, tetapi tidak dipergunakan sebagai objek belajar siswa di SDN Ciherang 01 karena kurangnya kemampuan guru dalam mengajari alat musik. Ditemukan juga siswa yang berkebutuhan khusus namun mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari teman – teman sekelas sehingga menurunkan potensi yang dimiliki siswa tersebut. Tim PKM menawarkan program Pengenalan Karakter dan Hardskill untuk siswa SDN Ciherang 01 dengan mengadakan Pemaparan Bullying, Pengenalan Alat Musik dan Pengenalan Palang Merah Remaja (PMR). Metode pelaksanaan: pertama, berkoordinasi dengan mitra (SDN Ciherang 01) untuk mengatur pelaksanaan. Kedua, penentuan materi kegiatan, tim memfokuskan untuk mengenalkan alat musik yang ada di SDN Ciherang 01, mengenalkan kegiatan Palang Merah Remaja, mengenalkan akun belajar.id dan mengajarkan tentang Bullying. Ketiga, pelaksanaan dengan tujuan agar para siswa dapat memahami dan mengenal bagaimana menggunakan alat musik, bagaimana melakukan pertolongan pertama ketika terjadi bencana alam atau kecelakaan, serta siswa bisa mengetahui dan memahami tentang bullying. Hasil kegiatan, menunjukkan bahwa sebagian besar dari 61 siswa dapat memahami bagaimana menggunakan alat music serta mengingat nama – nama alat musik yang telah diajarkan. Sebagian besar dari 36 siswa dapat menghafal apa yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama ketika terjadi bencana alam atau kecelakaan.  Sebagian kecil siswa masih melakukan perundungan terhadap teman sekelas sehingga tim membuatkan poster “stop bullying” yang ditempatkan mading dan lingkungan sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Pasal 31 ayat 1 Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Anisah, R. L., & Parmilah. (2020). Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Bagi Palang Merah Remaja (PMR) Meningkatkan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan. Jurnal Kesehatan, 9(2), 112–119. http://jurnal.lib-akperngestiwaluyo.ac.id/ojs/index.php/jkanwvol82019/article/view/104

Arief, A., Surjono, H. D., & Rahim, A. (2020). “ BATA” Software of Creative Experimentation In the Art of Music Learning Process. … Journal of Archaeology of …, 17(9), 10168–10176. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/6531%0Ahttps://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/download/6531/6358

Paula, V., Sibuea, R. O. br, Lebdawicaksaputri, K., & Kasenda, E. (2022). Edukasi Pencegahan Tindakan Bullying Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 131–134. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.204

Puspitasari, M., Elhefni, E., Wibowo, D. R., Bujuri, D. A., & Shawmi, A. N. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Gumawang. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 76–83. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v3i1.12971

Suharto, N. T. (2021). PENANGANAN TRAUMA PASCA BENCANA DI KABUPATEN KLATEN. Fenomena, 1(1), 61-75.

Susanti, E., & Putri, P. (2021). Pelatihan Bagi Siswa Palang Merah Remaja Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Pada Luka. ABDIKEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 193–198.

Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. Innovative : Journal Of Socisl Sciece Research, 3(2), 14773–14787.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Yulsy, Nitte, A., Rafael, V., Bulu, R., & Benu, A. Y. (2022). Pelatihan Pencegahan Perilaku Bullying. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 18–22.