PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Main Article Content

Pamela Hendra Heng
Rahmah Hastuti
Rizka Dinanti
Ilham Ramadhan P
Billy N

Abstract

Adolescence is a transitional period from child to adult, this period will experience physical changes, cognitive development, and psychosocial development. The development of becoming an adult during the school period, what is often problematic is learning motivation because it is still unclear from the interests of each student's talent. Community service activities (PKM) are carried out with psychoeducation conducted to educate students about learning motivation and talent interests. PKM was conducted at one of the X private vocational schools in the West Jakarta area. The activity was carried out on grade 10 students with a total of 51 participants but who provided a written response of 50 people, namely 30 boys and 20 girls, with 2 majors namely Business Service Office Management (MPLB) and Visual Communication Design (DKV). Participants ranged in age from less than 16 years old to 18 years old. Students generally come from families whose parents have a high school education and earn around the Regional Minimum Wage (UMR). From the school community service activities, participants felt enthusiastic when drawing a bridge of dreams and playing games sessions and listening to the success stories of a doctor and a pedicab driver's son who managed to study abroad.


 


Masa remaja adalah masa peralihan dari anak anak menjadi dewasa, periode ini akan mengalami perubahan fisik, perkembangan kognitif, dan perkembangan psikososial. Perkembangan menjadi dewasa saat masa sekolah hal yang sering bermasalah adalah motivasi belajar karena masih kurang jelas dari minat bakat masing masing siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilaksanakan dengan psikoedukasi yang dilakukan untuk mendidik siswa mengenai motivasi belajar dan bakat minat. PKM dilakukan di salah satu SMK swasta X di wilayah Jakarta Barat. Kegiatan dilakukan pada siswa kelas 10 dengan jumlah peserta 51 orang tetapi yang memberikan respons tertulis sebanyak 50 orang, yakni 30 laki-laki dan 20 perempuan, dengan 2 jurusan yaitu Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis (MPLB) dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Partisipan berusia mulai dari kurang dari 16 tahun hingga 18 tahun. Siswa umumnya berasal dari keluarga yang orang tuanya memiliki pendidikan SMA dan berpenghasilan sekitar Upah Minimum Regional (UMR). Dari kegiatan PKM, peserta merasakan antusias pada saat menggambar jembatan cita cita dan sesi bermain games dan mendengarkan cerita sukses seorang dokter dan seorang anak tukang becak yang sampai berhasil kuliah sampai ke luar negeri.


 

Article Details

Section
Articles

References

Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik. Journal Health & Science: Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222-228.

Desriandi, R., & Suhaili, N. (2021). Pengaruh Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 1(2), 104-113.

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.

Hendrianti, N. P., & Dewinda, H. R. (2019). Konsep diri Dan dukungan sosial keluarga terhadap kematangan karir pada siswa kelas xii smk. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1), 78-87.

Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1).

Khasanah, N. (2018). Peran dukungan sosial terhadap resiliensi pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. In Forum Ilmiah (Vol. 15, No. 2, pp. 260-266).

Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., & Amini, Q. (2020). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa. Pandawa, 2(1), 61-69.

Marsidi, S. R., & Hatta, A. R. (2019). Penelusuran bakat minat pada siswa SMA di Bekasi. Jurnal Abdimas, 5(2), 148-152.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-32.

Munawar, A., & Supriatna, N. (2018). Pengaruh sikap dan motivasi terhadap minat berwirausaha siswa. OIKOS: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 2(1), 14-23.

Novianti, A., & Widjaja, Y. (2022). Eksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Tarumanagara Medical Journal, 4(1), 30-40.

Novitasari, D., Sanuriza, I. I., Triutami, T. W., Wulandari, N. P., & Salsabila, N. H. (2020). Pengaruh Minat-Bakat, Sarana-Prasarana dan Motivasi Belajar Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10.

Pratiwi, M., Purnamasari, A., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pemberian Konseling Minat dan Bakat untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA di Kota Palembang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(1), 132-136.

Rostiana, R., & Saraswati, K. D. H. (2018). Penelusuran minat-bakat untuk siswa SMA di Yogyakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1).

Saraswati, K. D. H., Chandhika, J., & Lie, D. (2020). Penelusuran Minat Bakat Untuk Siswa Sma Sk Di Jakarta Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2).

Sari, R. S., & Suhaili, N. Y. (2020). Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. Ensiklopedia of Journal, 3(1), 140-147.

Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255-2262.

Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255-2262.

Zulkafli, N., & Mahbob, M. H. (2020). Pengaruh faktor motivasi terhadap prestasi kerja. Jurnal Wacana Sarjana, 4(3), 1-11.