PENDAMPINGAN UMKM LINA BATIK UNTUK PACKAGING, LOGO DAN LABEL

Main Article Content

Galuh Mira Saktiana

Abstract

This community service activity will provide assistance and training on packaging, labeling and logos which is carried out as an effort to assist MSME actors in Jogja. This assistance will be provided to trading businesses engaged in the convection sector which are based on Batik cloth. The location is on Jalan Purbayan Gang Janoko, Kotagede, Yogyakarta city, which is known as a place for garment production in Jogja. This MSME operates in the convection sector and has been established since 1997 before the monetary crisis in Indonesia. The products they sell are garment products with batik motifs. The problem that often occurs is that there are many sellers operating in the same field, which creates very strong competition between sellers. The solution needed is how to keep consumers choosing products from Lina Batik. The solution is to conduct training on packaging and labeling as well as logos that are easy to remember and designs that are quite attractive but easy for consumers to remember. The training provided was a lecture on the importance of packaging and labeling. The lecture will start from the meaning of packaging, the function of packaging and labels, making attractive packaging and logos, and giving advice on how to make good packaging and labels. Then proceed with making a design to determine the right color, writing and size for the packaging, logo and label and add to it the creation of a neon box.


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan memberikan pendampingan dan pelatihan packaging dan pelabelan serta logo yang dilakukan sebagai upaya untuk pendampingan pelaku UMKM yang ada di Jogja. Pendampingan ini akan dilakukan pada usaha dagang bergerak dalam bidang konveksi yang berbadan dasar kain Batik. Adapun lokasinya berada di jalan Purbayan Gang Janoko, Kotagede kota Yogyakarta yang dikenal sebagai tempat memproduksi garmen di Jogja. UMKM ini bergerak dalam bidang konveksi yang sudah berdiri sejak tahun 1997 sebelum krisis moneter di Indonesia. Adapun produk yang mereka jual adalah produk garmen yang bermotif batik. Masalah yang sering terjadi adalah banyaknya penjual yang bergerak dalam bidang yang sama sehingga membuat persaingan sangat kuat antar penjual. Solusi yang dibutuhkan adalah bagaimana agar konsumen tetap memilih produk dari Lina Batik. Adapun solusinya adalah dengan melakukan pelatihan mengenai packaging dan pelabelan serta logo yang mudah diingat dan desain yang cukup menarik tetapi mudah diingat oleh konsumen. Pelatihan yang diberikan adalah pemberian ceramah mengenai pentingnya packaging dan pelabelan. Ceramah itu akan dimulai dari arti dari packaging, fungsi dari packaging dan label, pembuatan packaging dan logo yang menarik, dan memberi saran bagaimana membuat packaging dan label yang baik. Kemudian dilanjutkan dengan membuat desain menentukan warna, tulisan dan ukuran yang tepat untuk packaging, logo dan label dan ditambah dengan pembuatan neon box.


 

Article Details

Section
Articles

References

Aryani, M; B. H. Septika; T. Krisnahadi; R. R. Ilhamalimy; dan Supratman. (2022), “Pelatihan Pengemasan dan Labeling Produk untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Pemasaran bagi UKM Kale Cookies”, Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 3, pp. 577-583.

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Penerbit Andi.

Libriani, N. (2014), “Pengembangan Alat Untuk Pewarnaan Batik Wet Onwet”, Fashion and Fashion Education Journal, Vol 3, No. 1.

Lindung, A; A. Yusdira; dan Mashadi, (2020), “Pendampingan dan Pelatihan Inovasi Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor”, Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, Vol 1, No 1, pp. 21-28.

Sa’diyah, H. (2020), ”Inovasi Pengemasan Dan Pelabelan Dalam Meningkatkan Daya Saing”, Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 1, No. 2, pp. 56-67.

Solikah, A; A. M. Syamsuri; Nurdin; Abdurahman; M.A. Maarif; N. H. Ahmad; S. Roslin; N. R. Nadzafah; dan L. L. Ningsih, (2022), “Pendampingan Pembuatan Merk Usaha, Label Kemasan dan Desain Kemasan UMKM Produk Keripik Desa Pa’rappunganta Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan”, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian KKN-MAS, Vol. 1, pp. 180-187.

Sulastri, (2022).”Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi”, Terdapat di: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html, Diakses pada: 7 September 2023.