PELATIHAN AKUNTANSI KEUANGAN DENGAN TOPIK PIUTANG USAHA PADA PERUSAHAAN DAGANG DI SMA RICCI I JAKARTA

Main Article Content

Chelsya
Steven Imanuel
Adeline Putri Kurniawan

Abstract

Understanding the topic of trade receivables is crucial, especially for economic actors and for high school students as those who will later become successors. Providing financial accounting educational training on the topic of trade receivables is PKM carried out by a team of FEB Tarumanagara lecturers and students to provide basic knowledge of trade receivables, accounting treatment of trade receivables and effective management of receivables from an early age for Ricci I High School students, West Jakarta. The partner problems that are the core problems in this PKM training are: 1) How to understand receivables and effective management of receivables?, 2) How is accounts receivable accounting treated in the company? Based on these problems, the PKM team tried to provide a solution by preparing teaching materials, teaching the material in class offline, discussing practice questions and giving tests in the form of pre-test quizzes and post-test quizzes. The success of this PKM is demonstrated by the results of the pre test quiz, post test quiz results, and questionnaire results to find out other financial accounting topics that are of interest to Ricci I High School students, West Jakarta.


ABSTRAK


Pemahaman akan topik piutang usaha merupakan hal yang krusial, terutama bagi pelaku ekonomi dan bagi pelajar SMA sebagai pihak yang nantinya akan menjadi penerus. Pengadaan pelatihan edukasi akuntansi keuangan dengan topik piutang usaha adalah PKM yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa FEB Tarumanagara untuk memberikan pengetahuan dasar piutang usaha, perlakuan akuntansi piutang usaha dan pengelolaan piutang yang efektif dan efisien sejak dini untuk siswa/i SMA Ricci I Jakarta Barat. Permasalahan mitra yang menjadi inti masalah dalam PKM pelatihan ini adalah: 1) Bagaimana memahami piutang dan pengelolaan piutang yang efektif?, 2) Bagaimana perlakuan akuntansi piutang usaha di perusahaan? Berdasarkan permasalahan tersebut, tim PKM berusaha memberikan solusi dengan cara menyiapkan materi pengajaran, mengajarkan materi tersebut di kelas secara luring, membahas soal latihan dan memberikan test berupa pre test quiz dan post test quiz. Keberhasilan PKM ini ditunjukkan dari hasil pre test quiz, hasil post test quiz, dan hasil kuesioner untuk mengetahui topik akuntansi keuangan lainnya yang diminati oleh siswa/i SMA Ricci I Jakarta Barat.  

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, S.P., Sugiarto, E., & Susanti, M. (2017). Pengantar Akuntansi Sekilas Pandang Perbandingan dengan SAK yang Mengadopsi IFRS, SAK ETAP, dan SAK EMKM. Bogor: In Media.

Henny & Yanto, R. (2022). Pelatihan Akuntansi Piutang bagi Siswa Rumah Belajar Mahkota Kasih Insani. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SENAPENMAS), 644-648.

Hery. (2019). Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: PT Gramedia.

Hidayat, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Kinerja Bisnis Warung Kopi di Kota Makassar. Mirai Management, 5, 13.

IAI. (2017). Standar Akuntansi Keuangan. DSAK IAI.

Kieso, D., Weygandt J., Warfield T. (2019). Intermediate Accounting, Seventeenth Edition. Wiley Inc. USA.

Moegiarso, S. (2023). Pertumbuhan Ekonomi tahun 2022 Capai 5,31%, Tertinggi Sejak 2014. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4904/pertumbuhan-ekonomi-tahun-2022-capai-531-tertinggi-sejak-2014.

Suhendah, R., Mulyadi, S. T., & Raisa, A. (2021). Pelatihan Akuntansi Persediaan dan Piutang bagi SMA Kristoforus I. Seri Seminar Nasional (SERINA), 1343-1350.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2022). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. John Wiley & Sons.

Wulandari, I., Rahmayana, L., Zaman, D., Nurhaimah, & Kurniawan, M. I. (2023). Pelatihan Praktik Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siswa SMK Muhammadyah 3 Terpadu Pekanbaru. Community Development Journal, 4(2), 1227-1233.