PELATIHAN DESAIN KEMEJA PDL UNTUK KARYAWAN MUDA SEBAGAI TAMBAHAN KEAHLIAN

Main Article Content

Suraidi

Abstract

ABSTRACT


This training is to increase skills for young employees who have just graduated from college or who are currently working or who are unemployed, where these skills do not require attending lectures at college, the skills provided are in the form of designing PDL work clothes and editing photos with cartoon effects. One of the partners' problems is the lack of human resources to teach these skills. This training was agreed with the KKMK management who collaborated with the PKM team. Training to learn skills in designing PDL work clothes and editing images that can be applied to t-shirts. The training was divided into 2 sessions with 2 different materials and was attended by 8 participants. The training was carried out in a multi-purpose room, with each participant bringing equipment in the form of a laptop with Adobe Photoshop software installed. The version used in the software is Adobe Photoshop 2020. Training in making photo edits with cartoon effects and PDL shirt designs. Training materials in the form of design steps or design tutorials in pdf form. The training material consists of the basics of how to design images with cartoon effects and PDL clothing designs. The results of the training can vary and the best designs will be printed from the participants. The final result of this training was that all participants were able to produce clothing designs which were then selected to be printed and made into PDL clothing.


 


ABSTRAK


Pelatihan ini untuk menambah keahlian bagi karyawan muda yang baru lulus kuliah atau yang sedang bekerja maupun yang dalam kondisi tidak ada pekerjaan, dimana keahlian ini tidak perlu mengikuti perkuliahan di bangku kuliah, keahlian yang diberikan berupa cara mendesain baju kerja PDL dan mengedit foto dengan efek kartun. Permasalahan mitra salah satu terbentur dengan SDM yang kurang sebagai pengajar keahlian tersebut. Pelatihan ini disepakati dengan pengurus KKMK yang bekerjasama dengan tim PKM. Pelatihan untuk mempelajari keahlian mendesain baju kerja PDL dan edit gambar yang dapat diaplikasikan pada baju kaos. Pelatihan di bagi dalam 2 sesi dengan 2 materi yang berbeda dan dihadiri oleh 8 orang peserta. Pelatihan dilakukan dalam ruang serba guna, dengan masing-masing peserta membawa perlengkapan berupa laptop yang sudah terpasang software adobe photoshop. Versi yang digunakan pada software yaitu adobe photoshop 2020. Pelatihan membuat edit photo dengan efek kartun dan desain baju kemeja PDL. Materi pelatihan dalam bentuk langkah-langkah mendesain atau tutorial mendesain dalam bentuk pdf. Materi pelatihan berupa dasar cara mendesain gambar dengan efek kartun dan desain baju PDL. Hasil pelatihan dapat bervariasi dan dipilih dari peserta hasil desain terbaik yang akan dicetak. Hasil akhir dari pelatihan ini yaitu semua peserta mampu menghasilkan desain baju yang kemudian di pilih salah satu untuk di cetak dan dibuat baju PDL.

Article Details

Section
Articles

References

A.Fadlil. A.Yudhana, S.A.Wijaya, F.Anggraini, dan A.P.Marsaid. (2022). Magister Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Pelatihan Desain Grafis dengan Software Photoshop sebagai Peluang Usaha bagi Guru/Siswa SMAN 3 Singingi Hilir. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 2022 Hal 230-236.

B.P.Zen dan M.A.Gustalika. (2021). Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Pelatihan Desain Grafis Photoshop dan Coreldraw di Korem 071 Wijayakusuma guna meningkatkan Kemampuan Desain Grafis bagi para Anggota TNI. Dedikasi Sains dan Teknologi Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol: 1, No: 1, Mei 2021. Halaman 5 -12.

H.Basri, D.Ardiansyah, A.R.Mulyawan, E.C.Randhani, dan A.Wahyudin. (2022). Pelatihan Photoshop Untuk Meningkatkan Keterampilan Design Informasi Pelayanan Publik Pada Kelurahan Karangpawitan. Universitas Bina Sarana Informatika, Karawang, Jawa Barat. ABDITEKNIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 2 Nomor 1 April 2022 Halaman 62-68.

M.Wulandari dan Suraidi. (2021). Pelatihan Photoshop Untuk Pembuatan Laporan Pada Word Dan Power Point Di Sma Tarsisius II Jakarta. Prosiding Senapenmas 2021. Halaman 235-240.

M.Ziveria, R.S.Samosir, M.Rusli. (2020) Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU. Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, Februari 2020. Halaman 1 – 11.

R.Dewi, W.Verina, dan M.B.Akbar. (2021). Universitas Potensi Utama, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Medan. Pelatihan Desain Grafis Dengan Pemanfaatan Software Photoshop Sebagai Peluang Usaha. JUDIMAS (Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2, No. 1, Juni 2021. Halaman 53-62.

W.Priatna, R.Purnomo, T.D.Putra dan A.Fajriya. (2021). Pelatihan Online Photoshop Pada Remaja Masjid A-Syuhada Harapan Indah Bekasi. Journal of Computer Science Contributions (JuCoSCo), JUCOSCO | Vol.1 | No.2 | Juli 2021 | Hal. 103-110.