PENYUSUNAN NERACA DAN TATA KELOLA KAS PADA UMKM RUMAH MAKAN

Main Article Content

Augustpaosa Nariman
Alan Octama Massidy
Vennessa

Abstract

ABSTRACT


Since the Indonesian government was able to overcome the Covid-19 pandemic and turned it into an endemic, many SME companies have emerged again, especially those operating in the restaurant sector. Restaurant businesses on an SME scale are expected to contribute to economic development, for this reason these businesses are also expected to have adequate accounting and financial reporting processes. Nasi Empal Bu Marie Restaurant, located in West Jakarta, is an SME scale restaurant founded in 2023, and has 7 employees. Currently, the restaurant use a simple system to record sales, purchase and payment of operational costs and have never prepared a balance sheet and do not have adequate cash management. This need was addressed by FEB lecturers in collaboration with FEB students to provide training including explaining transaction account codes, recording journals, preparing balance sheets, preparing cash disbursement systems and procedures which include cash calculations (cash opname), cash reports. Assistance funds for this training came from LPPM UNTAR to provide soft skills for accounting training. The aim of this training is so that companies can prepare balance sheet report which are very useful for measuring business performance and business development and have an adequate internal control system for cash disbursements. This training was carried out in September 2023 with training material on making transaction journals, balance sheets, cash reports, cash calculation reports. This training received a very positive response from owners and employees.


ABSTRAK


Semenjak Pemerintah Indonesia sudah bisa mengatasi pandemic covid-19 dan beralih ke endemi, banyak sekali perusahaan berskala UMKM bermunculan kembali, terutama yang bergerak di bidang rumah makan. Usaha rumah makan dengan skala UMKM diharapkan bisa memiliki kontribusi untuk perkembangan ekonomi, untuk itu maka usaha ini juga diharapkan memiliki proses pencatatan akuntansi dan pelaporan keuangan yang memadai. Setiap usaha yang didirikan harus memiliki suatu informasi keuangan yang dapat diukur kinerjanya, sehingga pemilik perusahaan dapat mengembangkan usahanya maupun mencari mitra bisnis lainnya. Rumah Makan Nasi Empal Bu Marie yang berlokasi di Jakarta-Barat merupakan rumah makan dengan skala UMKM didirikan pada tahun 2023, dan memiliki 7 karyawan. Saat ini rumah makan dalam mencatat transaksi penjualan, pembelian, dan pembayaran biaya operasional menggunakan sistem yang sederhana dan belum pernah membuat laporan neraca, serta tidak memiliki pengelolaan uang kas yang memadai. Kebutuhan ini ditanggapi oleh Dosen FEB      bekerjasama dengan mahasiswa FEB untuk memberikan pelatihan meliputi penjelasan kode akun transaksi, jurnal pencatatan, penyusunan neraca, penyusunan sistem dan prosedur pengeluaran uang kas yang meliputi perhitungan kas (cash opname), laporan kas. Dana bantuan untuk pelatihan ini berasal dari LPPM UNTAR dalam memberikan soft skill pelatihan akuntansi. Tujuan dari pelatihan ini agar perusahaan bisa menyusun laporan neraca yang sangat berguna untuk mengukur kinerja usaha dan pengembangan usahanya serta memiliki sistem pengendalian internal yang memadai untuk pengeluaran kas. Pelatihan ini telah dilakukan pada bulan September 2023 dengan materi pelatihan pembuatan jurnal transaksi, neraca, laporan kas, laporan perhitungan kas. Pelatihan ini  mendapat tanggapan yang sangat positif dari pemilik dan karyawan.

Article Details

Section
Articles

References

Agoes, Sukrisno. (2016). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor Akuntan Publik. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Bahri, Syaiful. (2016). Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta.

Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Financial Accounting Standard Board (FASB) dalam Statement Of Financial Accounting Concept (SFAC) No. 1. Objectives of Financial Reporting by Business Enterprises.

Hery. (2016). Mengenal dan Memahami Dasar-Dasar Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Gradi, Paul. (2017). "17 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli." Dosenakuntansi.com. 16 Januari 2017. Diakses pada 11 Juli 2021. [https://dosenakuntansi.com/pengertian-akuntansi](https://dosenakuntansi.com/pengertian-akuntansi)

Purwaji, Agus, dkk. (2017). Pengantar Akuntansi 2. Edisi 2. Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Sumarsan, Thomas. (2018). Akuntansi Dasar dan Aplikasi Dalam Bisnis Versi IFRS. Jakarta: PT. Indeks.

Weygandt, Jerry J; Paul D Kimmel; and Donald E Kieso. (2019). Financial Accounting; IFRS 4th edition; John Wiley & Sons, Inc.