ANALISIS NON-VALUE ADDED ACTIVITY GUNA MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN DAN AKUNTANSI PADA CV CAHAYA MAJU PRATAMA

Main Article Content

Susanto Salim
Marcelina Estefany
Frans Tegas

Abstract

ABSTRACT


CV Cahaya Maju Pratama is a trading company that sells technical goods such as machines and tools (hardware). The initial problems we found in the preliminary survey were declining in profit and and cash flow,  Increasing operational costs, the company's operational procedures were too bureaucratic and hampered the company's operational speed. The approach or methodology that we use is to be able to provide the right solution is by conducting  visits and observations to the company, conducting interviews with key personnel & staff and after that providing training and guidance to resolve problems that arise. Based on the analysis and results of visits to the company, we  identified that the source of  the problems that occurred was because there were many activities or activities carried out by the company which did not actually provide added value to the company and lack of internal control . For this reason, we propose a solution, by  providing 3-4 training sessions to all company staff regarding what non-value added activities are and how to identify and eliminate these non-value added activities in the company’s day to day  operations. After the training, we will also provide assistance to the company to implement all training material in the company's operational activities. We believe that with this training and implementation assistance the company will gain many benefits, such as reducing or eliminating activities that do not add value and enchance internal control which will ultimately improve the company's financial and accounting performance.


ABSTRAK


CV Cahaya Maju Pratama merupakan perusahaan  dagang yang menjual berbagai  macam barang teknik seperti mesin dan tools (hardware). Permasalahan yang ditemukan pada saat kami melakukan survei pendahuluan adalah profitabilitas dan arus kas perusahaan mulai menurun, kenaikan biaya operasional, prosedur operasional perusahaan yang terlalu birokrasi dan menghambat kecepatan operasional perusahaan,  Pendekatan atau metodologi yang kami gunakan untuk dapat memberikan solusi yang tepat adalah dengan melakukan kunjungan dan observasi ke perusahaan, melakukan tanya jawab dengan staf terkait dan setelah itu memberikan pelatihan dan bimbingan untuk menyelesaikan masalah yang timbul. Berdasarkan analisis dan hasil kunjungan ke perusahaan, kami dapat mengidentifikasikan bahwa sumber permasalahan yang  terjadi karena ada banyaknya kegiatan atau aktivitas yang dilakukan perusahaan yang  tidak memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan juga lemahnya pengendalian internal yang ada. Untuk itu kami memberikan usulan solusi yaitu kami akan memberikan pelatihan sebanyak 3-4 pertemuan kepada  seluruh staf perusahaan mengenai apa itu aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah (non value added activities) dan bagaimana cara untuk mengidentifikasikan dan menghilangkan kegiatan non value added ini di dalam kegiatan operasional perusahaan. Setelah pelatihan kami juga akan memberikan pendampingan kepada perusahaan untuk  mengimplementasikan  semua materi pelatihan di dalam kegiatan operasional perusahaan. Kami yakin dengan pelatihan dan bantuan implementasi  ini perusahaan akan banyak memperoleh manfaat yaitu akan berkurang atau hilangnya  kegiatan yang tidak memberi nilai tambah dan adanya sistem pengendalian internal yang memadai yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja keuangan dan akuntansi perusahaan.

Article Details

Section
Articles

References

Atkinson, A. A., Kaplan, R. S., Matsumura, E. M., & Young, S. M. (2018). Management Accounting: Information for Decision Making and Strategy Execution (8th ed.). Pearson.

Al Okaily, A., Al-Okaily, M., & Shiyyab, F. (2020). Accounting Information System Effectiveness From An Organizational Perspective. Management Science Journal, 3991-4000.

Blocher, E. J., & Stout, D. E. (2019). Cost Management (8th ed.). McGraw Hill.

Azelya, I., & Thabrani, G. (2020). Analisis Pengurangan Non-Value Added Activities dengan Metode Lean Six Sigma. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 2(2), 63-73.

Maharani, F. L., DS, S. P., & W, S. M. (2015). Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan pada Divisi Pelayanan Medis di Rumah Sakit Jember Klinik. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 13(2), 57–69.

Pratama, P. C., Isharijadi, I., & Murwani, J. (2017). Analisis Penggunaan Metode Activity Based Management Guna Menghilangkan Non-Value Added Activity Untuk Efisiensi Biaya. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 5(1), 681-692.

Kutika, R. F. (2018). Analisis Non-Value Added Activity Melalui Penerapan Activity Based Management Untuk Meningkatkan Efisiensi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Cabang Bitung*. *Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 2(2), 402-411.