PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UMKM

Main Article Content

Khairina Natsir
Nurainun Bangun
Michelle Britney Attan
Joceline Sagita Landias

Abstract

 


                                                                        ABSTRACT


E-wallet has become the primary payment method for micro, small, and medium enterprises (MSMEs) apart from cash. The convenience and ease of using e-wallets have made them a popular choice among the public. The Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), introduced by Bank Indonesia and the Indonesian Payment Systems Association on August 17, 2019, serves as a non-cash payment standard based on QR Codes. QRIS integrates non-cash payment systems across Indonesia, reducing the need for multiple QR Codes. Starting from January 1, 2020, services such as GoPay, OVO, and Bank Syariah Mandiri have implemented QRIS.This initiative focuses on MSMEs in RW 09, Kelapa Dua, Tangerang. Many MSMEs in this area, particularly small kiosks, have yet to adopt QRIS despite its potential to expedite transactions and record-keeping. The engagement involves conducting a training session on QRIS usage on May 6, 2023, in Kelurahan Kelapa Dua, Tangerang. A total of 25 participants are invited to learn about utilizing QRIS as a payment method and for business reporting.


ABSTRAK


E-wallet telah menjadi model pembayaran utama selain tunai bagi UMKM. Kemudahan dan kenyamanan menggunakan e-wallet menjadikannya pilihan masyarakat. QRIS, diperkenalkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia pada 17 Agustus 2019, adalah standar pembayaran nontunai berbasis QR Code. QRIS mengintegrasikan sistem pembayaran nontunai di Indonesia, mengurangi kebutuhan akan banyak QR Code. Sejak 1 Januari 2020, layanan seperti GoPay, OVO, dan Bank Syariah Mandiri menerapkan QRIS. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada UMKM di RW 09, Kelapa Dua, Tangerang. UMKM di daerah ini, terutama warung kecil, belum mengadopsi QRIS, meski bisa mempercepat transaksi dan pencatatan. Kegiatan pengabdian meliputi pelatihan penggunaan QRIS pada 6 Mei 2023 di Kelurahan Kelapa Dua, Tangerang. Ada 25 peserta yang diundang untuk belajar tentang penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran dan pelaporan usaha.

Article Details

Section
Articles

References

REFERENSI

Azhari, A. (2021). Implementasi Sistem Pembayaran Quick REsponse Code Indonesian Standard (QRIS) pada Sekor UMKM di Kota Pematang SIantar (Issue February). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Cao, W. (2016). FinTech Acceptance Research in Finland-Case Company Plastc [Aalto University School of Business]. https://pdfs.semanticscholar.org/e8ce/fe083ad1c5487b0fc3cf789708c0f26219a4.pdf

Ferdiana, A. M. K., & Darma, G. S. (2019). Understanding Fintech Through Go – Pay. International Journal of Innovative Science and Research Technology , 4(2), 257–260.

Mahyuni, L. P., & Setiawan, I. W. A. (2021). Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS. Forum Ekonomi, 23(4), 735–747. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10158

Pracoyo, A. (2021). Sosialisasi QRIS dalam Upaya Peningkatan Produktivitas UMKM.

Run System. (2020). UKM Dalam Revolusi Industri 4.0: Memaksimalkan Literasi Digital. Run System.

Saksonova, S., & Kuzmina-Merlino, I. (2017). Fintech as Financial Innovation - The Possibilities and Problems of Implementation. European Research Studies Journal, 20(3), 961–973. https://doi.org/10.35808/ersj/757

Sayuti. (2022). Cara Mudah Menjadi Anggota UMKM di Kota Tangerang. Semartara News. https://semartara.news/cara-mudah-menjadi-anggota-umkm-di-kota-tangerang/

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384

Widjanarko, O. (2019). Satu QR Code Untuk Semua Transaksi. Bank Indonesia Bicara, Edisi 78.