LATAR BELAKANG DAN PERKEMBANGAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI INDONESIA (MAKNA DAN SEJARAH BERKEMBANGNYA KEJAHATAN KORUPSI DAN BERDIRINYA KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI)

Main Article Content

Ade Adhari
Sherryl Naomi

Abstract

Korupsi di Indonesia sudah menjadi budaya sejak era Orde Lama, Orde Baru hingga pada era Reformasi. Sudah dilakukannya berbagai upaya dalam memberantas korupsi, namun budaya ini tetap terjadi yang didorong oleh motif kekuasaan dan kekayaan. Pada era reformasi akhirnya lahirlah lembaga independen yaitu komisi pemberantasan korupsi (KPK) yang berfungsi dalam memberantas korupsi. Dalam Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh LPKAN Indonesia dan LKHAI, Pelaksana Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) berkesempatan untuk menjadi pembicara secara luring dalam diskusi terkait Analisis dan Evaluasi Pencegahan Kejahatan Korupsi di Indonesia. Fokus diskusi ini salah satunya membahas mengenai latar belakang, makna dan sejarah berkembangnya tindak pidana korupsi di Indonesia, lahirnya norma-norma terkait pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia dan bagaimana akhirnya komisi pemberantasan korupsi dapat hadir di era reformasi sebagai lembaga independen yang bebas dari pengaruh kekuasaan manapun untuk memberantas korupsi secara professional, intensif dan berkesinambungan secara efektif dan efisien. Hasil dari kegiatan ini hendak menunjukkan bagaimana korupsi telah mewabah di Indonesia dan sudah seharusnya untuk diberantas bersama.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Risda Karya, 2009).

Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Kediri: Stain Kediri Press, 2011).

Cegah Korupsi, Sejarah Regulasi Korupsi, 2015, dapat diakses melalui https://cegahkorupsi.wg.ugm.ac.id/index.php/2015-08-20-05-19-20/korupsi.

Indri Astuti, “Politik Hukum Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi”, Jurnal Forum Ilmu Sosial, vol. 41, No. 2, Desember 2014.

Komisi Pemberantasan Korupsi, Memahami Untuk Membasmi: Buku Panduan untuk Memahami Tindak Pidana Korupsi, (Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi, 2006).

Komisi Pemberantasan Korupsi, Sekilas KPK, (Jakarta: KPK, 2020), dapat diakses melalui https://www.kpk.go.id/id/tentang-kpk/sekilas-komisi-pemberantasan-korupsi.

Nyoman Serikat Putra Jaya, Tindak Pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di Indonesia, (Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2005).

Rahman Amin, Hukum Pembuktian dalam Perkara Pidana dan Perdata, (Sleman: Deepublish, 2020).

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.