PENINGKATAN KINERJA UMKM DIVA KIDS MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN PERSEDIAAN

Main Article Content

Emillia Sastrasasmita
Catherine Liusca Winata
Virginia Aurelia Harjono

Abstract

Persediaan adalah salah satu kebutuhan penting yang wajib dimiliki perusahaan, karena ketiadaan persediaan akan menjadi kendala aktivitas jual beli. Apabila pengelolaan persediaan pada UMKM berjalan tidak baik maka beresiko pada kerugian yang mengakibatkan pada penurunan penerimaan pendapatan dan juga laba. Umumnya hambatan yang ditemui pada pelaku UMKM adalah belum mengadakan pengelolaan asset seperti pencatatan atas persediaan. Pihak mitra Diva Kids selama ini melakukan pencatatan persediaan terjual secara manual yaitu dengan mencatat di buku tulis secara harian. Hal ini menyebabkan mitra tidak mengetahui stok persediaan akhir yang dimiliki. Oleh karena itu pihak mitra membutuhkan pelatihan berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian persediaan barang dagang dengan tujuan pokok untuk mengendalikan biaya persediaan. Pelaksanaan pelatihan untuk pihak mitra UMKM Diva Kids dilakukan secara offline selama bulan April-Mei 2023 dan bertempat di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pelatihan dimulai dengan mengadakan pre-test, penyampaian materi tentang dasar-dasar akuntansi dan persediaan. Pembinaan kemudian dilanjutkan dengan menerapkan pencatatan persediaan melalui kartu persediaan barang keluar yang terpisah untuk setiap varian produk yang dimiliki. Pelatihan diakhiri dengan tahap evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelatihan yang telah disampaikan oleh tim PKM. Pihak mitra mengapresiasi pelatihan yang diadakan ini karena tanpa pemahaman tentang persediaan maka dapat menimbulkan kerugian bagi usahanya.

Article Details

Section
Articles

References

Cahyono, K. E., & Suryawirawan, O. A. (2021). Pelatihan Pengelolaan Persediaan, Pemasaran Dan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri: Pengabdian Masyarakat UMKM Desa Pakis Kediri. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(2), 122-126.

Dwi Mardiatmi, B., Nopiyanti, A., & Resti, A. A. (2022). Praktik Baik Manajemen Menuju Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Mandiri dan Produktif di Kampung Bulak Timur, Kelurahan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 119–131. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i3.661

Ikatan Akuntan Indonesia (2015). Standar Akuntansi Keuangan

Maesaroh, Y., & Dewi, E. P. (2020). Analisis Akuntansi Persediaan Barang Dagang Berdasarkan PSAK 14 (Studi Kasus Pada PT XYZ-CTP 1). Jurnal Buana Akuntansi, 5(1), 1–14.

Munawar, Z., Fudsyi, M. I., & Musadad, D. Z. (2020). Perbaikan Teknis Sistem Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Komputer Bagi Pedagang Buku Pasar Palasari Kota Bandung Menghadapi Era Pasar Kompetitif. JAST J. Apl. Sains dan Teknol, 4(1), 52.

Oliyan, F., Heriyanto, R., Gustati, Maryati, U., & Ferdawati. (2022). Pelatihan Akuntansi Persediaan Berdasarkan PSAK 14 Bagi Guru SMK N 2 Bukittinggi. Japepam: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–38.

Supriatiningsih, S., Samukri, S., Suryaningsih, M., Ridwan, R., Susilawati, S., & Ramdani, R. (2021). Pelatihan Sistem Pencatatan Dan Pengendalian Persediaan Pada Koperasi Guru Dan Karyawan Perguruan Islam Darussalam Cikunir–Bekasi Selatan. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 1(4), 149-156.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Riset Ekonomi Pembangunan, 4(1), 119–127.

Weygandt, J. J., Kimmel, P.D., & Kieso, D. E.(2018). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards, John Wiley & Sons.

Yuliastini, N. K. S., Dewi, M. K. P., Wisarti, K. H., kadek Widyastuti, N., & Winata, I. G. K. A. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Manajemen Persediaan Di UD Eka Karya. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 2(2), 171-176.