PELATIHAN PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEJA ERGONOMIS MINIMALIS BERBAHAN BESI NAKO BAGI SISWA SMKN 12 TANGERANG

Main Article Content

I Wayan Sukania
Rymartin Jonsmith Djaha
Michael Hidayat

Abstract

Mitra PKM Untar yaitu SMKN 12 beralamat di Kp. Babakan RT. 01/RW 01, Babakan, Kec. Legok Kabupaten Tangerang Banten. Adapun kompetensi yang diajarkan yaitu Bisnis Daring dan Pemasaran, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Kurikulumnya belum banyak memuat materi pelajaran perancangan produk terutama jurusan teknik dan bisnis sepeda motor. Demikian pula kegiatan praktik pembuatan produk melalui proses pengelasan juga masih kurang baik dari segi frekuensi praktik maupun waktu.  Dua hal ini mengakibatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para siswa masih minim khususnya di bidang perancangan produk dan keterampilan mengelas tingkat dasar. Mengingat pembangunan kawasan pemukiman yang masih terus berkembang yang mengakibatkan permintaan produk yang dibuat dari hasil pengelasan makin tinggi maka kebutuhan akan tenaga professional bidang pengelasan juga makin banyak. Oleh karena itu para lulusan akan bernilai lebih apabila dibekali dengan keterampilan pengelasan.  Berdasarkan pada hasil diskusi dengan kepala sekolah, perwakilan guru dan beberapa siswa SMKN 12, diperoleh gambaran bahwa kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan mengelas sangat diminati dan sangat diperlukan. Akhirnya diputuskan untuk menyelenggarakan kegiatan PKM bidang perancangan produk dan praktik pengelasan tingkat dasar.  Demi efektifnya, kegiatan pelatihan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap awal yaitu pemaparan teori pemasaran, teori perancangan produk dan teori ergonomi. Pada tahap ini peserta belajar merancang produk meja ergonomis minimalis. Adapaun persyaratan rancangan yaitu ergonomis, minimalis, fungsional dan mudah dibuat bagi pemula. Pada tahap akhir, para peserta diajak praktik langsung di bengkel las untuk membuat produk hasil rancangannya. Beberapa gambar rancangan yang memenuhi syarat dibuat langsung oleh peserta secara berkelompok dengan dipandu oleh instruktur profesional. Adapaun pekerjaan yang dilakukan pada sesi praktik bengkel yaitu mengukur, memotong, mengampelas, menggerinda, mengerol, mengelas dan mengecat. Kerhasilan program PKM diukur dengan menggunakan kuisioner awal dan kuisioner akhir.  Disimpulkan bahwa melalui pembekalan teori, wawasan dan praktik di bengkel las, kemampuan perancangan produk dan keterampilan kerja bengkel para peserta meningkat.

Article Details

Section
Articles

References

Ogebege (2012). Software Prototyping: A Strategy to Use Wher User Lacks Data Processing Experience. ARPN Jounal of Systems and Software. VOL. 2, No.6.

https://smkn12kabta.sch.id/ diakses Tgl 24 Maret 2023.

www.google.com, gedung sekolah SMKN 12 Tangerang. diakses tgl 23 Maret 2023.

Cahyo Priambodo, Ofita Purwani, Tri Yuni Iswati. Konsep Co-Living Pada Desain Hunian Vertikal Dan Community Mall Di Kota Tangerang. SENTHONG, Vol. 3, No.1, Januari 2020, halaman 345- 356 E-ISSN : 2621 – 2609.

Suhartini Karim, Umar Hamdan. Analisis Modal Kerja Industri Kecil Usaha Pertukangan Kayu Dan Usaha Las Di Kota Palembang Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya Vol. 12 No. 3 September 2014 hal. 229.

Adi Saputra Ismy, Usman Usman, Indra Mawardi, Azwar Azwar. Pelatihan Las Produk Dekoratif Bagi Masyarakat Desa Mesjid Punteuet Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe Sebagai Bekal Merintis Usaha Bengkel Las. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeru Universitas Lhokseumawe, ISSN 2598-3954.

Grant, C.A. & Ladson-Billings, G. (1997). Dictionary of Multicultural Education. Arizona: The Oryx Press.

www.google.com, diakses tgl 20 Maret 2023.

Lamto Widodo, I Wayan Sukania, Kevin Ravenska. Rancangan Meja Packing Pada UMKM Popshopindo Berdasarkan Analisis Ergonomi Dengan Metode Wera Dan Ocra Untuk Mengurangi Risiko Kesehatan Kerja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Universitas Tarumanagara, Vol. 10 No. 3 (2022).

Sukania, Silvi Ariyanti, Adhitian. Perancangan Rotary Table Sebagai Fasilitas Pada Stasiun Kerja Waterbase PT. Triplast Indonesia. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara. Sinergi Vol. 20, No. 1, Februari 2016: 55-64

Wignjosoebroto, Sritomo. (2008). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Edisi Keempat. Guna Widya: Surabaya