EVALUASI DAN PERENCANAAN SALURAN DRAINASE PROYEK SPBU JALAN SILIWANGI RANGKASBITUNG - BANTEN

Main Article Content

Wati Asriningsih Pranoto
Channy Saka
Michael
Donny Candra
Ronaldo Budiman

Abstract

Pembangunan suatu SPBU memerlukan perencanaan saluran drainase baik bagi keperluan drainase dalam SPBU maupun untuk keperluan drainase lingkungan. Drainase lingkungan diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan lokasi SPBU. Situasi dan kondisi lingkungan SPBU di jalan Siliwangi – Rangkasbitung, Provinsi Banten memerlukan perhatian dan disain saluran drainase lingkungan. Saluran drainase lingkungan diperlukan karena beberapa hal, diantaranya: 1. Permukaan tanah asli lokasi SPBU berada pada posisi lebih rendah dari posisi jalan raya sehingga air hujan akan mengalir ke arah lokasi SPBU; 2. Lokasi SPBU berada pada daerah turunan dari suatu ketinggian; 3. Daerah sekitar sudang berpenghuni. 4. Drainase jalan raya belum ada. Situasi dan kondisi ini menjadi perhatian pemilik SPBU. Disain drainase lingkungan memerlukan data hujan, kontur dan peta situasi utuk menghitung dimensi dan penempatan saluran drainase. Hasilnya akan berupa rencana saluran drainase lingkungan berupa dimensi dan arah buangan. Hasil juga akan berupa tulisan untuk di sampaikan pada seminar PKM atau masuk dalam jurnal Bhakti.

Article Details

Section
Articles

References

Marola, C. Y., Sinaga, N. I., & Sadsoetoeboen, B.M.G. (2018). Kajian sistem pengelolaan lingkungan stasiun pengisian bahan bakar umum di Manokwari. CASSOWARY, 1(2), 95-104.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi. (2016). Perhitungan Saluran dan Drainase (Modul 07). Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sukania, I. W. (2014, April 16). UNTAR Repository. Retrieved Febuari 8, 2022, from http://repository.untar.ac.id/109/1/1605-3506-1-PB.pdf

Tim Independen Pengendalian Keselamatan MIGAS. (2018). Keselamatan SPBU : Pedoman Teknis dan Pembelajaran dari Kejadian. Jakarta: Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.

Wismarini, T. D., & Ningsih, D. H. (2010). Analisis Sistem Drainase Kota Semarang Berbasis Sistem Informasi Geografi dalam Membantu Pengambilan Keputusan Bagi Penanganan Banjir. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XV(1), 41-51.