UPAYA PENGINGKATAN PEMAHAMAN POLA ASUH PADA IBU MUDA DI LINGKUNGAN RPTRA X

Main Article Content

Christina Irene Dwi Handoyo
De Clara Margaretha
Rachel Jienly Gracia Hutapea
Agustina

Abstract

Pola asuh yang diterapkan dalam keluarga akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Usia 0-3 tahun adalah masa ideal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dalam segi fisik, kognitif, emosi, dan sosial. Selain itu, kemampuan anak juga akan semakin berkembang, anak juga belajar untuk mengenal lingkungannya. Oleh karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan sebagai pendukung agar anak bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Masih ada ditemui orang tua yang belum memiliki pengetahuan tentang pola asuh dan sadar akan pentingnya pola asuh yang baik, namun ada juga orang tua yang sudah sadar dan memiliki pengetahuan tentang pola asuh yang baik. Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola asuh, diperlukan kegiatan seperti penyuluhan, yang mengambil subjek ibu-ibu muda yang memiliki anak batita. Selain untuk meningkatkan kesadaran, penyuluhan ini juga bertujuan untuk mengajak kedua orang tua ikut berperan dalam pengasuhan. Kegiatan yang dilakukan dalam penyuluhan ini adalah observasi naturalistic, wawancara, pre-test dan pelaksanaan penyuluhan bagi ibu-ibu muda yang memiliki anak batita (0-3 tahun) di lingkungan sekitar RPTRA X. Berdasarkan pre-test dari 10 pertanyaan, subjek bisa menjawab 5-6 pertanyaan.

Article Details

Section
Articles

References

Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159-168.

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). 8.

Hasanah, U. (2016). POLA ASUH ORANGTUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. 2(2).

Inka. (2018). Pola Asuh Anak Pada Ibu Usia Muda. Universitas Negeri Jakarta.

Perdani, R. R. W., Purnama, D. M. W., Afifah, N., Sari, A. I., & Fahrieza, S. (2021). Hubungan stimulasi ibu dengan perkembangan anak usia 0-3 tahun di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Sari Pediatri, 22(5), 304-10.

Mutia Ulfa & Na’imah. (2023). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. https://aulad.org/aulad/article/view/45/30

Samsul Susilawati, ‘Pembelajaran Yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini’, Aulad : Journal on Early Childhood, 3.1 (2020), 14–19 <https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46>.