PELATIHAN KETRAMPILAN DALAM BERBISNIS DI ERA DIGITALISASI

Main Article Content

Margarita Ekadjaja
Christiandinata Tjandra Bravo
Hernando Jerico

Abstract

Pesatnya perkembangan digitalisasi dalam perdagangan online atau penjualan dalam bentuk marketplace melahirkan banyaknya wirausaha di Indonesia. Namun, ketersediaan wirausahawan di Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang sangatlah rendah sehingga perlu dilakukan sosialisasi mengenai kewirausahaan kepada masyarakat. Mitra pada kegiatan PKM ini adalah SMA Bina Kusuma Mulia yang merupakan sekolah yang beralokasi di Kalideres, Jakarta Barat. SMA Bina Kusuma Mulia sangat mendukung para siswanya yang berencana untuk memulai usahanya sejak dini. Namun, kurikulum di sekolah sangat mendasar sehingga pihak sekolah membutuhkan materi atau sumber informasi yang dibutuhkan untuk mendukung kebutuhan para siswanya tersebut. Tim PKM FEB UNTAR bekerjasama dengan pihak sekolah untuk mengadakan pelatihan dalam bentuk seminar dengan topik ketrampilan dalam berbisnis di era digitalisasi. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara luring di SMA Bina Kusuma Mulia. Target pelatihan adalah para siswa memahami keterampilan yang dibutuhkan dalam memulai usaha dan tidak ragu untuk merintis bisnisnya sejak dini.  Partisipasi mitra diwujudkan dalam bentuk peran aktif mitra dalam berkomunikasi permasalahan mitra dan kesedian mitra untuk mengikuti seluruh sesi dalam pelatihan. Pelatihan berjalan dengan tertib dan lancar, dikarenakan partisipasi dari sekolah dalam menjalin kerjasama, penyediaan sarana dan prasarana, serta pendampingan guru kepada para siswa selama pelatihan.  Pada akhir sesi pelatihan, para siswa memiliki ketrampilan untuk menyusun business plan.

Article Details

Section
Articles

References

Agustina,Tri Siwi.(2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta:Mitra Wacana

Media.

Bangun, and A. Budiatmo.(2018). Pengaruh karakteristik kewirausahaan dan knowledge management terhadap pengembangan usaha (Studi kasus pada sentra industri tempe di kelurahan Krobokan Kota Semarang)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 7, no. 3, pp. 387-392.

Benabdelouahed, R. (2020). The use of artificial intelligence in social media: opportunities and perspectives. Expert Journal of Marketing, 8(1), 82-87. http://www.zbw.eu/econis-archiv/bitstream/11159/6209/1/1769492887_0.pdf

Foroudi, P., Jin, Z., Gupta, S., Melewar, T. C., & Foroudi, M. M. (2016). Influence of innovation capability and customer experience on reputation and loyalty. Journal of Business Research, 69(11), 4882-4889.

Marha, J., Saputro, G. E., & Almubaroq, H. Z. (2022). Pembangunan ekonomi rakyat berbasis kewirausahaan dalam upaya meningkatkan pertahanan negara Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4811-4818.

Phua, J., Jin, S.V. and Kim, J. (2017), Gratifications of using Facebook, Twitter, Instagram, or Snapchat to follow brands: the moderating effect of social comparison, trust, tie strength, and network homophily on brand identification, brand engagement, brand commitment, and membership intention”, Telematics and Informatics, Vol. 34 No. 1, 412-424.

Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai upaya menghadapi revolusi 4.0. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 281. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2382

Rayi Retno Dwi Asih, & Robert Kristaung. (2022). Perancangan komunikasi pemasaran digital melalui media sosial di era industri 4.0 di Sekolah Cordova. Dirkantara Indonesia, 1(1). 31-36. https://doi.org/10.55837/di.v1i1.28

Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 113–131. https://doi.org/10.24914/jeb