PELATIHAN ILMU PERAMALAN PRODUK BISNIS DAN INDUSTRI PRODI TEKNIK INDUSTRI KEPADA PESERTA DIDIK SMA DON BOSCO PADANG, SUMATERA BARAT

Main Article Content

Lina Gozali
Megalita Permata Putri
Sherine Angellina Hoswari
Poppy Fransiska
Martinus Kiwan

Abstract

Adalah hal yang sangat utama bagi perusahaan untuk mampu meraih laba dan mempertahankan keuntungan yang besar perusahaan sebagai tujuan yang harus dicapai secara terus menerus masing-masing perusahaan. Upaya sering dipicu untuk meningkatkan laba yang diterima perusahaan bimbingan konsumen dan kemampuan untuk secara konsisten mendominasi bidang usaha yang ada. Istilah penjualan biasanya banyak terfokus pada keinginan produsen, artinya kegiatan difokuskan pada penjualan produk atau jasa hanya satu. Istilah yang dulu inii diterapkan untuk barang yang tidak disukai. Untuk itu, misi penjualan hanya untuk menawarkan produk yang dapat mereka hasilkan dibandingkan menghasilkan produk dan layanan yang benar-benar diinginkan atau yang menjadi kebutuhan konsumen. Dibutuh suatu ketrampilan lebih untuk menghasilkan suatu produk yang dijual lebih baik untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun ketrampilan yang dipilih saat mempelajari dan mengimplementasikan masalah Pembelajaran berbasis peserta didik dilatih selama kurang lebih 2 jam untuk memahami masalah bisnis dalam perhitungan matematis dan memiliki pelatihan untuk menjawab pertanyaan dan teori. Kompetensi manajemen sebenarnya juga didasarkan pada analisis matematis dari suatu model atau masalah sederhana. Dari perhitungan data yang sudah dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa penting untuk memahami pola atau terjadi pola kebutuhan pelanggan. Ini membantu startup memahami pola kebutuhan pelanggan dalam mencapai kepuasan pelanggan.

Article Details

Section
Articles

References

Edelson, D. C., Gordin, D. N., & Pea, R. D. (1999). Addressing the challenges of inquiry-based learning through technology and curriculum design. Journal of the learning sciences, 8(3-4), 391-450.

Gitosudarmo, I. (2008). Marketing management. Yogyakarta: BPFE.

Gozali, L., Daywin, F. J., Doaly, C. O., & Laricha, L. (2020). “Pelatihan Kewirausahaan Kepada Siswa SMK Triguna (bidang keahlian “bisnis manajemen” di Jakarta Selatan).

Gozali, L., Yulianti, F., Pratama, M. N., Putri, N. V., Fransiska, P., & Kiwan, M. (2021). Upaya Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan dari Universitas Tarumanagara kepada Peserta Didik Sma Don Bosco Padang, Sumatera Barat. Prosiding SENAPENMAS, 743-752.

Gozali, L., Olivia, E., Juyanto, J., Tiffany, L., Hardinanerl, V. M., Hede, M. B., & Mawartini, F. (2022a). The Entrepreneurship Curriculum Development and Implementation from Tarumanegara University to Students of SMK Triguna, South Jakarta, Indonesia. Journal of Innovation and Community Engagement, 3(3), 152-162.

Gozali, L., Rafael, G., Juyanto, J., Ng, Y., Sumayanto, Y., & Pujayanti, T. (2022b). Pelatihan Peramalan Bisnis dan Perannya dalam Mata Kuliah Perancangan Produk dan Industri Prodi Teknik Industri Untar kepada Siswa Sma Tarakanita, Gading Serpong. Prosiding SENAPENMAS, 2(1), 176-184.

Hayani, N. (2012). Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi.

Indriyo, G. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning (pp. 317-34). na.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Concepto de marketing. Naucalpan de Juárez: Pearson.

Lefrancois, G.R. 1986. Psikologi untuk Mengajar, Alih Bahasa oleh NA Ametembun. IKIP: Bandung.

Makridakis. (1993). Metode dan Aplikasi Peramalan. Jakarta: Bina Aksara.

McCarthy dan Perreault, Intisari Pemasaran Sebuah Ancangan Manajerial Global, Jakarta:Binarupa Aksara, Edisi 6, Jilid 1, 1995, h. 4.

Sofjan, A. (2007). Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep & Strategi.

Stanton, A. (1995). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta: Caps.

Umar, H. (2002). Metode riset bisnis: panduan mahasiswa untuk melaksanakan riset dilengkapi contoh proposal dan hasil riset bidang manajemen dan akuntansi. Gramedia Pustaka Utama.

Wood, D. F. (2003). Problem-based learning. Bmj, 326(7384), 328-330