PELATIHAN PERSAMAAN AKUNTANSI UNTUK SISWA SMA KATOLIK RICCI I

Main Article Content

Ferry Adang
Natasha Melawati
Stefani Velisia Setiyono

Abstract

A competent Accountant has a role in producing fair, transparent, accountable and reliable financial statements. Professional competence of an Accountant need to be built since high school as a preparatory step in pursuing higher education after high school education. This Community Service (PKM) will be held by conducting training of accounting equation given to Ricci I Catholic High School students located on Jl Kemenangan III, West Jakarta. Activities are carried out in the form of workshop of real life simulations of transactions about accounting equation model with online discussions. This activity will help the Ricci I Catholic High School to increase literacy in understanding the basics of accounting for its students. This activity was held on Monday, March 20, 2023 using the Zoom meeting platform. The output of this activity is mandatory output in the form of proceedings or journals that will be included in the seminar organized by Untar, as well as additional output in the form of articles in the Artikel PINTAR.


ABSTRAK


Seorang akuntan yang kompeten sangat berperan dalam menyajikan laporan keuangan yang wajar, transparan, akuntabel, dan dapat diandalkan. Kompetensi  dari seorang akuntan perlu untuk dibina sejak masa studi SMA sebagai langkah persiapan dalam mengejar Pendidikan di Perguruan Tinggi setelah SMA. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan dalam bentuk pelatihan tentang persamaan akuntansi yang diberikan kepada siswa SMA Katolik Ricci I yang beralamat di Jl. Kemenangan III, Jakarta Barat. Aktivitas dilakukan dalam bentuk lokakarya dari simulasi transaksi yang sering terjadi di dunia nyata tentang persamaan akuntansi yang dilanjutkan dengan diskusi secara daring. Aktivitas ini akan membantu siswa SMA Katolik Ricci I dalam meningkatkan literasi dan pemahaman dalam bidang akuntansi dasar untuk siswanya. Aktivitas ini diselenggarakan pada Senin, 20 Maret 2023 dengan menggunakan Zoom Meeting. Luaran dari kegiatan ini adalah berupa luaran wajib dalam bentuk jurnal atau prosiding yang akan diikutsertakan pada Seminar yang dilaksanakan oleh Untar, dan juga luaran wajib dalam bentuk publikasi di artikel PINTAR.

Article Details

Section
Articles

References

Kartikahadi, H., et al. (2016). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Hery. (2016). Akuntansi Dasar. Jakarta: PT. Grasindo

Ikatan Akuntan Indonesia. (2019). Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., and Kieso, D. E. (2019). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. (4th ed). United States: John Wiley & Sons Inc.