PENYULUHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PEMERIKSAAN KAS BANK BAGI PARA SISWA YAYASAN PRIMA UNGGUL DI JAKARTA TIMUR

Main Article Content

Vidyarto Nugroho
Wyne Amelia
Venessa Venessa

Abstract

Para siswa yang bernaung dalam Yayasan Prima Unggul dididik dan diarahkan untuk menjadi pribadi mandiri dan berwawasan luas untuk dapat menjadi entrepreneur. Mereka bersekolah dengan model paket C. Wawasan yang lebih luas perlu disampaikan  agar mereka termotivasi untuk menyongsong masa depannya selepas sekolah formal. Materi yang disampaikan dalam kegiatan penyuluhan ini tentang penyusunan laporan keuangan dan pemeriksaan kas bank. Diharapkan mereka  dapat membuat perencanaan, mengatur dana dengan efektif dan efisien serta mengerti cara untuk melakukan pemeriksaan atas dana yang ada yang meliputi kas bank dan setara kas serta menyusun laporan keuangan terkait. Rencana kegiatan penyuluhan  akan dilaksanakan di lokasi Yayasan Prima Unggul di Jl. Pulomas Barat I No 37 , Jakarta Timur, DKI Jakarta pada bulan Juni 2023. Pelaksanaan akan dimulai dengan salam pembuka dilanjutkan dengan pembagian modul penyuluhan .  Penyuluhan pemeriksaan kas bank serta teknik audit terkait kas bank  ditujukan kepada siswa/siswi panti asuhan tingkat SMA/ sederajat melalui tutorial materi dan pengenalan dengan contoh-contoh .

Article Details

Section
Articles

References

Arens, Alvin A Elder, Randal J, Beasley, Mark S, 2008, Auditing and Assurance Service, An Integrated Approach, 12th Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Agoes, Sukrisno, 2004, Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik, Jilid 1, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2017, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta, Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Publik Indonesia, 2011. Standar Profesional Akuntan Publik per 31 Maret 2011. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir; (2014); Analisis Laporan Keuangan; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sadeli, H. Lili M. 2002. Dasar-dasar Akuntansi. Cetakan kelima. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Warsono, 2010, Prinsip-prinsip dan praktik keuangan pribdi, Journal of science volume 13 no 2 Juli-Desember 2010.