PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA TOKO SEMBAKO DEWI DI BEKASI

Main Article Content

Herman Ruslim
Chaira Rizka Yukianti
Margaret Laurent

Abstract

Laporan keuangan merupakan suatu informasi yang menjelaskan kondisi keuangan badan usaha yang digunakan sebagai bayangan performance keuangan lembaga usaha. Untuk itu, laporan keuangan dapat dinyatakan sebagai alat yang sangat penting dalam upaya mencapai tujuan dalam memperoleh informasi, baik yang menyangkut kondisi keuangan suatu usaha, sampai pada hasil kinerja yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut. Melalui laporan keuangan ini, dapat diketahui kinerja keuangan suatu usaha, sehingga dapat digunakan sebagai dasar evaluasi dalam langkah keputusan selanjutnya. Program PKM ini berupa pelatihan pembuatan laporan laba rugi pada toko sembako ini di Bekasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan input kepada usaha ini untuk memulai melakukan pencatatan terhadap aktivitasnya. Melalui pencatatan yang tepat maka pada akhirnya dapat merapikan keuangan toko ini. Universitas Tarumanagara turut membantu dalam hal penyediaan dana dalam terciptanyanya kegiatan ini.

Article Details

Section
Articles

References

Chabibah, F. (2019). Pengaruh Sistem Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan, Audit Internal Terhadap Kualitas Saji Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Batu. Jurnal Akuntansi.

Dito Rinaldo (2016), Perencanaan dan Pengendalian Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Komunitas Studepreneur STIE Ekuitas, Jurnal Dharma Bhakti STIE Ekuitas Vol. 01 No. 01.

Erawati,T. &Abdulhadi, M. F. (2018). Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kapasitas Sumber Daya Manusia Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Akmenika.

Gustina,I. (2021). Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir.Jurnal Akademi Akuntansi

Ihsanti, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah(Studi Empiris Pada SKPD Kabupaten Lima Puluh Kota). Jurnal Akuntansi.

Ikatan Akuntansi Indonesia. PSAK (2018) Tentang Laporan Keuangan. dewan Standar Akuntansi Keuangan

M. Nafarin. (2012). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat

Pujanira, P. & Taman, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DIY.Jurnal Akuntansi Dan Keuangan

Wiranti, P. W. (2021) Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan, teknologi informasi dan sistem pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi