PENERAPAN PELATIHAN PENINGKATAN KEJUJURAN, PERCAYA DIRI DAN KEPEDULIAN KEPADA ANAK PANTI ASUHAN X

Main Article Content

Chintya Romansa
Nadine Cristina Ivanka
Debora Basaria

Abstract

Pelatihan ini dirancang dengan tujuan meningkatkan sifat kejujuran, kepedulian dan rasa percaya diri pada anak panti asuhan X.  Panti asuhan X sebagai mitra mengeluhkan bahwa terdapat 15 anak usia 8 - 15 tahun menampilkan perilaku berbohong, mencuri, tidak acuh, melanggar peraturan, dan tidak percaya diri. Maka dari itu, penulis dan tim merancang program pelatihan sebagai bagian dari kegiatan MBKM untuk dapat membantu mitra yaitu panti X dalam meningkatkan kejujuran, kepercayaan diri dan kepedulian pada anak panti X. Sebelum melakukan kegiatan pelatihan, penulis dan tim lebih dulu melakukan pengumpulan data untuk mengetahui kondisi dari anak-anak di panti (pretest). Setelah itu dilakukan psikoedukasi berupa pelatihan yang mengambil bentuk mini seminar dan juga permainan yang meliputi topik berkaitan dengan kejujuran, percaya diri, dan peduli. Setelah itu dilakukan posttest untuk mengetahui hasil kegiatan pelatihan. Didapatkan hasil terdapat peningkatan kejujuran, kepedulian dan sikap percaya diri pada anak panti asuhan X. Hal ini ditandai adanya peningkatan pada ketiga aspek yaitu kejujuran, kepedulian, dan kepercayaan diri. Sebelum diberikan pelatihan hasil rata-rata kejujuran 2.68 setelah diberi pelatihan terjadi peningkatan sebesar 0.15 menjadi 2.83. Hasil rata-rata percaya diri dari 2.5 terjadi peningkatan sebesar 0.19 sehingga menjadi 2.69. Kemudian peduli dari 2.46 terjadi kenaikan sebesar 0.05 menjadi 2.51. 

Article Details

Section
Articles

References

Lubis, I. R., & Agustini, L. J. (2018). Efektivitas gratitude training untuk Meningkatkan subjective well-being pada remaja di Panti Asuhan. Journal Psikogenesis, 6(2), 205–213. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.703

Gunawan, I. M. (2020). Meningkatkan Kejujuran Akademik Mahasiswa melalui konseling Kelompok values clarification. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 48. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2313

Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Harga Diri Terhadap keterampilan komunikasi interpersonal Remaja di Jakarta. Koneksi, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454

Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai Kepedulian Sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7583

Silvianetri, S., Irman, I., Zulfikar, Z., Zubaidah, Z., & Gusria, W. (2022). Penanaman Nilai kejujuran Dan Implikasinya pada konseling di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4783–4793. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2685

Sitzman, K., & Watson, J. (2018). Caring science, mindful practice: Implementing watson’s human caring theory. Springer Publishing Company, LLC.