PELATIHAN MODUL PEMBELIAN SOFTWARE ACCURATE BAGI SISWA SMA TARSISIUS I

Main Article Content

Sriwati Sriwati
Alika Laksa Kirana
Cilvia Cahyani Putri
Intan Safira

Abstract

Banyak perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan kegiatan bisnisnya. Hal ini tentunya akan berdampak pula pada pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan perusahaan. Namun, pelajaran akuntansi yang diberikan pada sekolah menengah atas (SMA), salah satunya SMA Tarsisius I, hanya berfokus pada pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan secara manual. Dengan demikian, murid SMA saat ini memerlukan tambahan pengetahuan mengenai bagaimana cara pengoperasian software akuntansi. Di Indonesia, Accurate merupakan salah satu software akuntansi yang banyak digunakan, terutama oleh perusahaan kecil dan menengah yang merupakan target pasar dari software Accurate. Oleh karena keterbatasan waktu, maka pelatihan ini hanya membahas mengenai pengoperasian modul pembelian menggunakan software Accurate. Mitra dari kegiatan ini adalah SMA Tarsisius I. Peserta pelatihan ini merupakan siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII yang tergabung dalam ekstrakurikuler akuntansi. Pelatihan dilaksanakan dengan cara memberikan pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab, dan diakhiri dengan kuis. Materi pelatihan ini membahas mengenai cara menginput permintaan pembelian, pesanan pembelian, penerimaan barang, faktur pembelian, retur pembelian, dan pelunasan pembelian serta cara menampilkan laporan-laporan yang terkait dengan transaksi pembelian. Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik pada bulan Januari 2023 di SMA Tarsisius I. Setelah mengikuti pelatihan ini dan dari hasil kuis yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan dapat mengoperasikan modul pembelian software Accurate secara mandiri. Oleh sebab itu, diharapkan agar pelatihan ini dapat terus dilakukan dimasa yang akan datang.

Article Details

Section
Articles

References

Chong, Y., & Nizam, I. (2018). The impact of Accounting Software on Business Performance. International Journal of Information System and Engineering, 6(1), 1–25. https://doi.org/10.24924/ijise/2018.04/v6.iss1/01.26

Erik. (2019). Kelebihan dan Kekurangan Accurate 5. https://accuratesoftware.id/kelebihan-dan-kekurangan-accurate-5/

Hall, J. A. (2019). Accounting Information Systems (10th ed.). Singapore: Cengage Learning, Inc.

https://www.tarsisius1.sch.id. Diakses pada bulan Mei 2023.

Keys. (2019, October 9). Sejarah Software Accurate Accounting. Diakses dari https://softwareaccurate.com/sejarah-software-accurate/

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2020). Intermediate Accounting: IFRS Edition (4th Editio). United States: John Wiley & Sons, Inc.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (Sixteenth). Pearson.

Lintong, D. N., Saerang, D. P. E., & Ilat, V. (2017). Pengaruh Implementasi Sistem Akuntansi, Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pengawasan Internal Terhadap Kinerja Pemerintah Kota Kotamobagu. Accountability, 6(1), 118–127. https://doi.org/10.32400/ja.16034.6.1.2017.118-127

Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(2), 506–519. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.227

Saifudin. (2018). Pengaruh Implementasi Software Akuntansi Terhadap Kinerja Perangkat Desa dengan Perceived Enjoyment Sebagai Variabel Intervening. Equilibria Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2), 60–70.

Thottoli, M. M. (2021). Knowledge and use of accounting software: evidence from Oman. Journal of Industry-University Collaboration, 3(1), 2–14. https://doi.org/10.1108/jiuc-04-2020-0005

Waspodo, L. (2014). Pengaruh Implementasi Software Akuntansi Terhadap Kinerja Pegawai: Perceived Enjoyment dan Computer Playfulness Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 209–222.