PELATIHAN SIKLUS PENJUALAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ACCURATE BAGI SISWA/I SMA TARSISIUS 1

Main Article Content

Verawati Verawati
Valencia Valencia
Marcella Felia Susanto

Abstract

Digitalisasi semakin berkembang dalam setiap aspek, terutama dalam aspek usaha. Hal ini didukung oleh adanya perkembangan teknologi dan internet. Ketika suatu usaha sudah terdigitalisasi, maka kegiatan akuntansi pun akan ikut menyesuaikan. Kegiatan akuntansi akan ikut terdigitalisasi karena fungsi akuntansi merupakan suatu infrastrukur yang mendukung kegiatan usaha, dimana setiap kegiatan usaha perlu mencatat dan menghasilkan laporan keuangannya. Siklus penjualan merupakan suatu siklus dimana suatu usaha mendapatkan pelanggan dan memperoleh pendapatan. Penggunaan software dapat membantu kegiatan dalam siklus penjualan sehingga menjadi lebih efisien dan hemat biaya. Namun, salah satu kendala yang dihadapi dalam kegiatan penjualan yang sudah terdigitalisasi adalah kemampuan dari sumber daya manusia yang dimilikinya untuk mengoperasikan perangkat dan teknologi yang ada. Pelatihan siklus penjualan menggunakan software Accurate ini dilakukan dengan tujuan supaya para siswa SMA Tarsisius 1 yang mengambil ekstrakurikuler akuntansi dapat mengetahui langkah-langkah dan cara mengoperasikan software Accurate untuk mendukung kegiatan dalam siklus penjualan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 08 Februari 2023 secara tatap muka di ruang komputer SMA Tarsisius 1. Materi yang disampaikan antara lain mencakup teori mengenai transaksi dalam siklus penjualan dan latihan soal transaksi penjualan yang dipraktekkan langsung penginputannya ke dalam software Accurate. Luaran dari kegiatan PKM ini adalah artikel dalam prosiding.

Article Details

Section
Articles

References

Amanda, P. (2022, July 4). Digitalisasi: Pengertian, Manfaat, dan Peran Pentingnya. Https://Vocasia.Id/Blog/Digitalisasi-Adalah/.

Chong, Y., & Nizam, I. (2018). The impact of Accounting Software on Business Performance. International Journal of Information System and Engineering, 6(1), 1–25. https://doi.org/10.24924/ijise/2018.04/v6.iss1/01.26

Fitari, T., & Hartati, L. (2022). Analisis Penerapan Digitalisasi Laporan Keuangan pada Usaha Kecil (Studi pada Usaha Kecil Kuliner di Kota Pangkalpinang). Equity: Jurnal Ekonomi, 8(1), 72–82. https://doi.org/10.33019/equity.v10i1.84

Gunawan, H. (2022, September 7). 8 Manfaat Aplikasi Pencatatan Penjualan untuk Bisnis Anda. Https://Www.Hashmicro.Com/Id/Blog/8-Manfaat-Aplikasi-Pencatatan-Penjualan-Untuk-Bisnis-Anda/.

Hall, J. A. (2019). Accounting Information Systems (10th ed.). Cengage Learning, Inc.

Ibnu. (2021, September 6). Apa itu Siklus Penjualan? Berikut Pengertian dan Cara Mengelola Siklus Penjualan. Https://Accurate.Id/Marketing-Manajemen/Siklus-Penjualan/.

Nindiawati, A. (2020). Pengaruh Penerapan Software Akuntansi (Zahir Accounting) terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 214–220.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2018). Accounting Information Systems (Fourteenth). Pearson.

Saifudin. (2018). Pengaruh Implementasi Software Akuntansi Terhadap Kinerja Perangkat Desa dengan Perceived Enjoyment Sebagai Variabel Intervening. Equilibria Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2), 60–70.

Wahyuddin, & Afriani, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Akuntansi System Application and Product (Sap) dan Kualitas Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Terhadap Kepuasan Pengguna Software Akuntansi (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) Kantor Wilayah Aceh-Kota Banda Aceh). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 115–128. https://doi.org/10.29103/jak.v6i2.1830