PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK UMKM MUJA-MUJU UMBULHARJO

Main Article Content

Galuh Mira Saktiana

Abstract

ABTRACT


The community service activities carried out were carried out as an effort to assist MSME actors, especially trading businesses carried out around Mondoliko Street, Yogyakarta City. This MSME is engaged in the culinary field. The problem that often occurs is how to do good marketing via the internet or often referred to as digital marketing. These MSMEs usually only rely on word of mouth marketing which is considered quite cheap and good. The problem faced by partners is the lack of knowledge about how to do marketing via the internet and how to apply it in real terms in the world of buying and selling. The solution needed is training on how to do digital marketing so that sales levels can be higher with the right promotions through digital marketing. The training provided is by giving lectures on digital marketing. The lecture began with the definition of digital marketing, its importance, process and selection of tools used for digital marketing through existing platforms on social media. Furthermore, partners also practice creating and selecting platforms from social media that suit their needs. The result obtained is that partners understand and can practice promotions through digital marketing selected from the appropriate platforms from social media, such as Instagram, Facebook and also TikTok.


ABSTRAK


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dilakukan sebagai upaya untuk pendampingan para pelaku UMKM khususnya usaha dagang yang dilakukan di sekitar jalan mondoliko, kota Yogyakarta. UMKM ini bergerak dalam bidang kuliner. Masalah yang sering terjadi adalah bagaimana melakukan pemasaran yang baik melalui internet atau sering disebut dengan pemasaran digital. Pelaku UMKM ini biasanya hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut saja yang dirasa cukup murah dan baik. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah masih minimnya pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemasaran melalui internet dan bagaimana mengaplikasikannya secara riil dalam dunia jual beli. Solusi yang dibutukan adalah pelatihan mengenai bagaimana melakukan pemasaran digital supaya tingkat penjualan bisa lebih tinggi dengan adanya promosi yang tepat melalui pemasaran digital. Pelatihan yang diberikan adalah dengan diberikan ceramah mengenai pemasaran digital. Ceramah tersebut dimulai dengan pengertian pemasaran digital, pentingnya, proses dan pemilihan sarana yang digunakan untuk pemasaran digital melalui platform yang ada dalam media sosial. Selanjutnya mitra juga melakukan praktek membuat dan memilih platform dari media sosial yang sesuai kebutuhan. Hasil yang diperoleh adalah mitra menjadi paham dan bisa mempraktekkan promosi melalui pemasaran digital yang dipilih dari platform yang sesuai dari media sosial, seperti Instagram, facebook dan juga tiktok.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.

Jannatin, R.N; M. W. Wardhana; R. Haryanto; dan A. Pebriyanto. (2020), “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM”, Jurnal Impact: Implementation and Action, Vol. 2, no. 2.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.

Saktiana, G. M. (2023), “Penerapan Aktivitas Social Media Marketing Pada Pemilihan Destinasi Liburan”, Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol. 20, No. 1, hal: 733-748.

Sedyastuti, K. (2018). “Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global”, Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol. 2, No. 1, hal: 117-127.

Sulastri. (2022).”Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi”, Terdapat di: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html, Diakses pada: 23 April 2023.

Turangan, J.A. (2023), “Pendampingan Pembukuan UMKM Warung Pingkal, Jakarta Pusat”, Jurnal Serina Abdimas, Vol. 1, No. 1, hal: 8-13.