PENGENALAN DASAR PEMASARAN UNTUK PENGHUNI PANTI ASUHAN HATI BANGSA DI JAKARTA

Main Article Content

Richard Andrew
Jeane Audrey Santoso
Delvia Debora

Abstract

ABSTRACT


Hati Bangsa Orphanage in one of plenty social foundations in Jakarta.  As the credible social institution in the capital city of Indonesia, Hati Bangsa Orphanage expected to create the next generation human resources that can help nations to be more prosperous and hopeful.  As much as other social organizations tribulations, Novel Coronavirus pandemic not only affect the health condition of societies but also the financial stabilities for many social organizations.  To handle this situation, Hati Bangsa Orphanage try to collaborate with various religious affiliations as well as preparing some entrepreneurial handicrafts that made by their own students.  To increase their marketing skills, Universitas Tarumanagara’s team that consists of academic and student, explain the method of marketing to help the human resources increase the probability of enhancing the budgetaries flexibility.  There are multiple points told to Hati Bangsa Orphanage which include sustainable development, understanding different market segmentation, marketing environment, megamarketing implementation, omni-comunitization era, customer’s decision making processes, differentiation model and marketing mix.  As a result, Hati Bangsa Orphanage’s stakeholders thanked the program and hope the program could run again in the future with plenty of other useful topics.  As a conclusion, the orphanages not only need the know how to produce something with commercialization values but they also need the know how to get the market by using those products.


 


ABSTRAK


Panti Asuhan Hati Bangsa merupakan salah satu yayasan sosial yang ada di Jakarta.  Sebagai salah satu lembaga sosial yang kredibel di ibukota, Panti Asuhan Hati Bangsa diharapkan untuk mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk generasi mendatang yang tidak hanya dapat membantu diri mereka sendiri tetapi juga bangsa dan negara agar lebih sejahtera dan penuh harapan.  Sebagaimana yang diketahui, Novel Coronavirus tidak hanya berdampak bagi kondisi kesehatan masyarakat tetapi juga stabilitas keuangan banyak organisasi nirlaba.  Untuk mengatasi hal ini, Panti Asuhan Hati Bangsa berusaha untuk berkolaborasi dengan beragam afiliasi yang berbeda selain juga mempersiapkan produk kewirausahaan yang dihasilkan oleh penghuni mereka sendiri.  Salah satu afiliasi tersebut adalah Universitas Tarumanagara, yang mengirimkan tim berisikan dosen dan mahasiswa untuk menjelaskan suatu metode tentang konsep dasar pemasaran.  Penjelasan mengenai konsep dasar pemasaran ini tidak hanya mendorong peluang mereka untuk bekerja di masa mendatang tetapi juga diharapkan mampu meningkatkan fleksibilitas anggaran dari Panti Asuhan Hati Bangsa dalam jangka panjang.  Ada banyak poin yang dijelaskan terkait konsep ini yakni tujuan pengembangan berkelanjutan, cara untuk mengerti segmentasi pasar, jenis dalam lingkungan pemasaran, tahapan untuk mengimplementasi pemasaran besar, pengenalan akan era omni-komunitisasi, pengambilan keputusan pelanggan, model diferensiasi dalam pemasaran dan bauran pemasaran. Dari pembahasan ini, para penghuni Panti Asuhan Hati Bangsa berterima kasih atas ilmu yang diberikan dan berharap kegiatan sejenis dapat dijalankan kembali di masa depan.  Sebagai kesimpulan, pengetahuan akan pemasaran dasar ini tidak hanya berguna bagi Panti Asuhan Hati Bangsa tetapi juga banyak Panti lain untuk mengerti cara untuk bisa berhasil di pasar.


Keywords: Basic Marketing and Orphanage


Kata kunci: Pemasaran Dasar dan Panti Asuhan 


 

Article Details

Section
Articles

References

Andrew, R., & Claudia, M. (2021). Pemberdayaan Civitas Akademika Perguruan Tinggi untuk Memberikan Santunan ke Panti Asuhan di Jakarta. Prosiding SENAPENMAS, 639-646.

Ekawati, E., Rizieq, R., Ellyta, E., Masulili, A., & Sutikarini, S. Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik Cair, Pemasaran Online Pada Usaha Hidroponik Panti Asuhan Baitul Hikmah Kabupaten Kuburaya. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat, 11(2), 132-138.

Hamka, M., & Muktiadi, R. (2023). Penerapan Pemasaran Digital pada Panti Asuhan Muhammadiyah Griya Al Falah Purbalingga, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Teknik dan Sains (JPTS), 3(01).

Indrayani, L., Sulindawati, N. L. G. E., & Santi, N. W. A. (2021). Peningkatan Daya Saing Produk pada Panti Sosial Asuhan “Udyana Wiguna” Singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha, 254.

Insusanty, E., Sadjati, E., & Ratnaningsih, A. T. (2021). Ibm Manajemen Usaha, Keuangan Dan Pemasaran Kerajinan Tangan Dari Limbah Di Panti Asuhan Hikmah Pekanbaru. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 266-272.

Martha, D., Intani, I., Afsyah, R., Mukarama, R., Aritonang, S., & Milenia, Y. (2022). Pelatihan Kewirausahaan “Menerapkan Strategi Pemasaran Yang Efektif Agar Produk Kerajinan Tangan Yang Dihasilkan Diterima Pasar”(Panti Asuhan Annisa, Pekanbaru, Riau). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(4), 100-110.

Wijaya, A. L., Sari, A. K. A. R., & Hasanah, K. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Pada Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dan Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 400-410.