DESAIN KURSI BELAJAR UNTUK WARGA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL KREATIVITAS DI PKBM CIPTA CENDIKIA CIPONDOH

Main Article Content

Hartini Laswandi

Abstract

The development of the 4.0 industrial revolution era is currently very rapid in various fields including non-formal education. Facilitating learning citizens in non-formal education environments is highly expected for the realization of intelligent learning citizens, namely those who are motivated to progress and be creative. PKM is one of the service programs, to develop, accommodate, and realize creative and innovative ideas between PTs for the community, including for learning residents and can have a positive impact on increasing PKBM creativity and achievements (PKM Guidelines, 2019). Based on data sources obtained from PKBM Cipta Cendikia, residents' interest in learning to develop themselves after the 2022 pandemic has increased so that comfortable learning facilities are urgently needed. The learning facilities at PKBM Cipta Cendikia currently do not have study chairs, the learning residents only use carpets. Other facilities include a study room, study table, carpet, white board, LCD screen and bookshelves. Currently the residents learn that if there is a class they sit on the floor using a carpet. Activists notice discomfort when sitting and feel unwell. Study chair facilities need to be sought for students, because they can increase motivation and creativity results, (Anggi Fazariyah, et al, 2022). It is necessary to design chairs in the form of tatami. The advantages of this design include more space to accommodate more students, easy to pack with stacks, and more comfortable and healthy when students sit. The chair design that will be made is equipped with foam padding and solid wood materials that are environmentally friendly, sustainable materials. This PKM aims to design learning chair products that are comfortable, easy to pack, easy to move, so that they can optimally meet user needs, increase learning motivation, increase the creativity of learning residents (Metsi Daud, 2022). 


 


Perkembangan era revolusi industri 4.0 saat ini sangat pesat di berbagai bidang termasuk di pendidikan non formal. Memvasilitasi warga belajar pada lingkungan pendidikan non formal sangatlah diharapkan untuk terwujudnya warga belajar yang smart, yaitu yang bermotivasi maju dan kreatif. PKM merupakan salah satu program pengabdian, untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif di kalangan PT kepada masyarakat, di antaranya untuk warga belajar dan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kreativitas dan prestasi PKBM tersebut (Pedoman PKM, 2019). Berdasarkan sumber data yang diperoleh dari PKBM Cipta Cendikia, animo warga belajar untuk mengembangkan diri setelah pandemi pada tahun 2022 ini mengalami peningkatan sehingga sangat diperlukan suatu fasilitas belajar yang nyaman. Fasilitas belajar yang ada di PKBM Cipta Cendikia saat ini tidak terdapat kursi belajar, warga belajar hanya menggunakan karpet. Fasilitas lain yang dimiliki diantaranya ruangan belajar, meja belajar, karpet, white board, layar LCD dan lemari buku. Saat ini warga belajar jika ada kelas, mereka duduk lesehan menggunakan karpet. Penggiat melihat terdapat ketidaknyamanan duduk dan kurang sehat. Fasilitas kursi belajar perlu diupayakan untuk peserta didik, karena hal ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil kreativitas, (Anggi Fazariyah, dkk, 2022). Perlunya desain kursi  dalam bentuk tatami, kelebihan desain ini diantaranya adalah ruangan lebih menampung banyak siswa, mudah pengepakan dengan ditumpuk, serta lebih nyaman dan sehat ketika siswa duduk. Desain kursi yang akan dibuat dilengkapi dengan busa pengempuk dan material kayu solit ramah lingkungan, material bersifat sustainable. Tujuan dari PKM ini adalah mendesain produk kursi belajar yang nyaman, mudah pengepakan, mudah dipindah posisi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna secara optimal, meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan hasil kreativitas warga belajar ( Metsi Daud, 2022). 

Article Details

Section
Articles

References

Anggi F., Dewi, PS., (2022), Studi Pendahuluan:Kontribusi Fasilitas Belajar Dan Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) Vol. 3, No. 1, Juni 2020, 36-41 E-ISSN: 2723-6153. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index

Ainun RF., La Suha I., Mohamad W., (2019), The Contribution of Student Activity and Learning Facilities to Learning Independency and its Impact on Mathematics Learning Outcomes in Junior High School. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education. DOI: 10.23917/ijolae.v1i2.8104.

Ekundayo & Timilehin, H., (2016). School Facilities As Correlates Of Students Achievement In The Affective And Psychomotor Domains Of Learning. European Scientific Journal Mar, 8 (6): 208-215.

Farhan AlFattah, Muhammad (2022) Hubungan Fasilitas Belajar Dan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa SMPN 3 Mertoyudan di Masa Pandemi. Research, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hartini, L., (2019), Pengembangan kursi belajar yang ergonomi dan antropometri pada sekolah inklusi. Jurnal Muara, Untar.

Juwanti, NA., Aryanti, I., Sarsono, (2022), Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Kreativitas, Kemandirian, Gaya Belajar Dan Fasilitas Belajar. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan ISSN : 2579-5597 (online) Vol 7, No 1 (2022) ; p. 23-34; http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/probank ISSN : 2252-7885 (cetak)

Kunnu P., Suripto, S., Rahmat, A Al H., Rama, OW., (2021), Peningkatan Fasilitas sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Santri TPA Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Webinar Abdimas 4 - 2021: Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Model Peningkatan Kapasitas Masyarakat Era Covid-19

Metsi, D., (2022), Analisis Fasilitas Belajar dan Iklim Kelas dengan Kepuasan Belajar Siswa SMK Negeri 2 Manado, Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Manado. JOTE Volume 3 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 128-135 Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education. ISSN: 2686-1895 (Printed); 2686-1798 (Online)

Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 1999, Pasal 2 ayat 1, Tujuan pendidikan di Indonesia.

Ruth EO., Anisa R., Yenty R., (2019). Acuan Desain Untuk Kegiatan & Fasilitas Ruang Menyusui Pasar Kramat Jati Dan Pasar Mayestik, Jakarta. Desain Interior, School of Design, UPH. Prosiding PKM-CSR, Vol. 2 e-ISSN: 2655-3570