EVALUASI DISPLAY (TATA LETAK) PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO ONLINE LT-SHOP DI JAKARTA

Main Article Content

Andi Wijaya
Jennie Jane
Bellinda Budiman

Abstract

Every online store, both large and small, will face display (layout) problems. Setting the layout (display) for online store products is a problem that is often encountered and even unavoidable, even if it is in a smaller or simpler scope. If the display settings are properly planned, it will affect the efficiency and sales of online stores. The main goal to be achieved in display planning (layout) at the LT Shop online store is basically to facilitate the search for products that meet consumer desires which in turn can increase sales. This PKM program is in the form of determining the display (layout) for the LT Shop online store. So far, the displays in the online store are less attractive and still disorganized. With the correct display (layout), it will facilitate the process of searching for goods and can create increased transactions. Tarumanagara University as an entrepreneur campus that helps provide funds for the implementation of this community service activity.


Setiap toko online baik toko dalam skala besar maupun kecil akan menghadapi permasalahan display (tata letak). Pengaturan tata letak (display) untuk produk toko online merupakan masalah yang sering dijumpai bahkan tidak dapat dihindari,  meskipun dalam lingkup yang lebih kecil atau sederhana. Apabila pengaturan display ini terencana secara baik akan berpengaruh terhadap efisiensi dan penjualan toko online. Tujuan utama yang ingin dicapai dalam perencanaan display (tata letak) pada toko online LT Shop pada dasarnya adalah untuk memudahkan pencarian produk yang memenuhi keinginan konsumen yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Program PKM ini berupa penentuan display (tata letak) pada toko online LT Shop. Selama ini display yang ada di toko online tersebut kurang menarik dan masih belum teratur. Dengan display (tata letak) yang benar maka memudahkan proses pencarian barang dan dapat menciptakan peningkatan transaksi. Universitas Tarumanagara sebagai kampus entrepreneur yang membantu penyediaan dana demi terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Article Details

Section
Articles

References

Bruyne, E. De, & Beijer, M. (2015). Calculating NWoW Office Space With The PACT Mode. Journal of Corporate Real Estate, 17(2), 122–133. https://doi.org/10.1108/JCRE-12-2014-0032

Hadiatna, D. R. (2018). Urgensi Penataan Layout Kantor Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen Kantor, 1– 13.

Kadek Aryana Dwi Putra, et. al (2020). Mediatisasi Layanan Pesan Antar Makanan Di Indonesia Melalui Aplikasi Go-Food. Islamic Communication Journal Volume 5, Nomor 1

Maheswari, H., & Firdauzy, A. D. (2015). Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada PT. Nusa Multilaksana. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 1–29. Nitisemito, Alex. 2000. Manajemen Personalia. Jakarta: Grahalia Indonesia.

Onuoha, O. A., & Doris, N. (2017). Store Layout and Customer Loyalty of Supermarkets in Port Harcourt, Nigeria. International Journal of Managerial Studies and Research, 5(3), 34–39.

Pangestu, Z. S. D., Mukzam, M. D. M., & Ruhana, I. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan Perum Perhutani Ngawi). Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 157–162.

Rafdinal, W. (2019). Increasing purchase decisions on palm oil seeds through marketing mix and trust. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 354, 192–198. https://doi.org/10.2991/icastss-19.2019.41