PEMBEKALAN DASAR-DASAR AKUNTANSI TERHADAP SISWA-SISWI SMA TARSISIUS 1 JAKARTA DALAM KEGIATAN MBKM

Isi Artikel Utama

Candise Thewatt
Henny Wirianata
Sriwati

Abstrak

Implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dirancang oleh Kemendikbud Ristek masih terus dikembangkan oleh banyak perguruan tinggi dengan maksud untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan diri dengan maksimal dan mempersiapkan sarjana yang berkualitas tinggi. Dengan pertimbangan era pandemi yang juga menjadi faktor penghambat dalam pertumbuhan dan perkembangan dunia pendidikan, maka tercipta berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu kegiatan yang termasuk dalam kurikulum MBKM adalah program Asistensi Mengajar di SMA Tarsisius 1 Jakarta. Dengan dilakukannya pembekalan, diharapkan siswa yang mengambil dan menghadiri kelas ekstrakurikuler klub akuntansi dapat memahami dasar-dasar akuntansi lebih baik sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan pembekalan materi dan pembahasan latihan soal yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Tarumanagara. Hal ini diharapkan dapat membantu baik mahasiswa untuk menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan materi maupun siswa dalam penerimaan materi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana mahasiswa akan mengumpulkan data dari kuisioner yang disebarkan kepada siswa SMA Tarsisius 1 Jakarta. Hasil dari pembekalan yang dilakukan sejak tanggal 24 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 9 November 2022 dinilai cukup baik dan memuaskan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil pengumpulan data mengenai manfaat dan efisiensi pembelajaran yang dilakukan dengan rata-rata nilai ‘sangat baik’ yang diberikan oleh siswa. Akhir dari kegiatan MBKM Asistensi Mengajar ini akan dipublikasikan sebagai ABDIMAS yang akan dimuat di Prosiding SERINA.


The implementation of Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) designed by Kemendikbud Ristek is still being developed by many universities with the aim of providing opportunities for students who want to maximally develop themselves and prepare high-quality graduates. Considering the pandemic era which is also an inhibiting factor in growth and development of the world of education, various activities have been created that aim to overcome these problems. One of the activities included in the MBKM curriculum is Teaching Assistance program at SMA Tarsisius 1 Jakarta. With tutoring, it is hoped that students who take and attend extracurricular classes in accounting club can understand the basics of accounting better so that they can be implemented in daily life. Learning activities are carried out by providing material and discussing practice questions executed by lecturers and students of Tarumanagara University. This is expected to help both college students to be more creative in delivering material and students in receiving material. The research method used is descriptive qualitative, where students will collect data from questionnaire distributed to students of SMA Tarsisius 1 Jakarta. The results of the tutoring conducted from August 24, 2022 to November 9, 2022 were considered quite good and satisfactory. This can be seen based on the results of data collection regarding the benefits and efficiency of learning carried out with an average score of 'very good' given by students. The end of the Teaching Assistance MBKM activity will be published as ABDIMAS which will be published in the SERINA Proceedings.


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku panduan: Merdeka belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Buku-PanduanMerdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020-1.pdf

Doddy. (2020, August 7). Kebijakan Kampus Merdeka Bantu Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kebijakan-kampus-merdeka-bantu-hadapi-krisis-akibat-pandemi-covid-19/

Faizah, I. N., Apriliyani, N., Amalia, R.T., & Wulandari, D.J. (2022). Peran Mahasiswa Asistensi Mengajar Dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Komputer Akuntansi Di SMKN 1 MALANG. PROSIDING National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) Vol. 2 (No. 3), 2. Diakses dari http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/download/2539/1697

Fuadi, T. M. (2021). Hubungan Perguruan Tinggi Swasta dengan Pemerintah dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Semdi Unaya, 4(1), 267–286. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/2660

Nizam. (2020). Sambutan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Diakses dari https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about