STRATEGI KUALITAS SERVICE TERHADAP PELANGGAN UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN LAMA DAN MENARIK PELANGGAN BARU

Isi Artikel Utama

Simon Willy
Louis Utama
Verawati

Abstrak

Laundry is a service business that is very useful among Indonesian people at this time. In the midst of a busy community, one of their mandatory activities is often neglected. Piled up clothes and piled up cloth will make us more stressed. Because clothes are one of the mandatory needs that we always use everyday. With this laundry service, we only send clothes and will be processed immediately by the laundry employees. Laundry is one of the services in the field of washing clothes by having the type of laundry that has been set at a price by the service provider and the length of time the laundry is usually determined by the provider with a minimum and maximum limit for the completion of the laundry ordered by the customer. The laundry as a business actor that provides laundry services, should provide the best service for laundry service users or consumers. But in reality laundry services still often make mistakes in the form of defects in clothes such as discoloration, faded colors, lost clothes, mixed up and the length of time it takes to wash clothes.


Laundry adalah salah satu usaha jasa yang sangat berguna di kalangan masyarakat Indonesia untuk saat ini. Di tengah-tengah kesibukan masyarakat yang padat, seringkali salah satu kegiatan wajib mereka terbengkalai begitu saja. Baju yang menumpuk dan kain yang menumpuk akan membuat kita semakin stress, karena baju adalah salah satu kebutuhan wajib yang selalu kita gunakan sehari-hari. Dengan adanya jasa laundry ini kita hanya perlu mengirim pakaian dan akan segera diproses oleh pihak karyawan laundry. Laundry merupakan salah satu pelayanan jasa di bidang cuci mencuci pakaian dengan memiliki jenis cucian yang telah ditetapkan harganya oleh pihak penyedia jasa dan waktu lama cucian biasanya ditentukan oleh penyedia dengan batas minimal dan maksimal selesainya cucian yang dipesan pelanggan. Pihak laundry sebagai pelaku usaha yang memberikan layanan jasa laundry, sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa laundy atau konsumen. Tetapi pada kenyataannya jasa laundry masih sering melakukan kesalahan berupa cacat pada pakaian seperti kelunturan, pudar pada warna pakaian, pakaian hilang, tertukar dan lamanya waktu pencucian baju.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Kotler., & Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: LPFE-UI.

Samosir., & Boy, S. L. (2014). Pelaksanaan Kewajiban Pengelolaan Laundry oleh Pengelola Usaha Laundry dalam Pengendalian Pencemaran Lingkungan di Kota Yogyakarta, 1-12.

Tsitsi, E. A. (2013). The Adoption of Social Media Marketing in South Africans Banks. European Business Review, 25:4, 366.