STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN WESHWASH LAUNDRY
Main Article Content
Abstract
In this increasingly modern era, many people prefer something that is more practical in their life. Especially those who have busy activities so they cannot allocated their time to deal with dirty clothes. As a result, many businessmen are competing to open business in the laundry sector. With this laundry service, can provide a solution for people who don't have time to wash and iron their own clothes due to the busy activities they live in. Due to the growth of laundry business, a strategy is needed to maintain customer loyalty. Weshwash Laundry is a business that engaged in the laundry service sector where in carrying out its business, tries to maximize service quality to gain customer loyalty. Weshwash Laundry responds to market needs and allocates suitable service offerings to anticipate the development of the laundry business. To maintain customer loyalty, Weshwash Laundry applies a strategy that is by paying attention to service quality, marketing, and price.
Di zaman yang semakin modern ini, banyak orang lebih memilih sesuatu hal yang lebih praktis dalam kehidupannya. Terutama mereka yang memiliki kegiatan padat sehingga tidak bisa membagi waktu untuk berurusan dengan pakaian kotor. Akibatnya, produsen berlomba-lomba untuk membuka usaha di bidang laundry. Adanya jasa laundry, dapat memberikan solusi kepada masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya sendiri dikarenakan padatnya aktivitas yang mereka jalani. Oleh karena semakin berkembangnya usaha laundry, maka diperlukan strategi untuk tetap mempertahankan loyalitas pelanggan. Weshwash Laundry adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa cuci kiloan yang dalam menjalankan usahanya berusaha untuk memaksimalkan kualitas jasa guna mendapatkan loyalitas pelanggan. Weshwash Laundry menanggapi kebutuhan-kebutuhan segmen yang diidentifikasi dan mengalokasikan penawaran layanan yang cocok untuk mengantisipasi perkembangan usaha laundry. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Weshwash Laundry menerapkan strategi yaitu dengan memperhatikan kualitas pelayanan, pemasaran, dan harga.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfarsha, Rendy. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Topklin Laundry. Diakses https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/5837/Cover%20-%20Bab1%20-%201212233sc-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Anthony, W.P., Parrewe, P.L., dan Kacmar, K. M. (1999). Strategic Human Resources Management. Second Edition, Orlando: Harcourt Brace and Company.
Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nurlaila. (2021). Strategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Usaha Laundry Berlabel Syariah (Studi Pada Laundry Syari.Com Kota Medan). Diakses http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/15486/Nurlaila%201701280015.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy, dan Anastasia Diana. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.