PELATIHAN AKUNTANSI TENTANG PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA UNTUK SISWA/I SMA TARSISIUS 1

Main Article Content

livia klarisa
henny wirianata

Abstract

This teaching activity aims to provide an understanding of the basics of preparing service company financial reports for Tarsisius 1 High School students in North Petojo, Central Jakarta. Since entering the new school year in July 2022, several schools have been allowed to carry out face-to-face teaching and learning activities, so that this teaching activity can be carried out face-to-face. The method used in this teaching activity is in the form of training from UNTAR students to SMA Tarsisius 1 students. The material provided is in the form of theory regarding the financial reports of service companies along with practice questions to help them understand the material better. From this training activity it can be seen that Tarsisius 1 SMA students understand the material presented, it can be seen from the enthusiasm of the students through the questions asked and completing the exercises discussed. After this training, students are expected to be able to understand how to prepare financial reports for service companies and have more provision in continuing further education in tertiary institutions.


Kegiatan mengajar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dasar-dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa bagi siswa/i SMA Tarsisius 1 di Petojo Utara, Jakarta Pusat. Sejak memasuki tahun pelajaran baru pada bulan Juli 2022 beberapa sekolah sudah diperbolehkan melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, sehingga kegiatan mengajar ini dapat dilaksanakan secara tatap muka. Metode yang digunakan dalam kegiatan mengajar ini berupa pelatihan dari mahasiswa UNTAR kepada siswa/i SMA Tarsisius 1. Materi yang diberikan berupa teori mengenai laporan keuangan perusahaan jasa beserta soal latihan agar membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Dari kegiatan pelatihan ini terlihat bahwa siswa/i SMA Tarsisius 1 memahami materi yang disampaikan, terlihat dari antusiasme siswa melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan menyelesaikan latihan soal yang dibahas. Setelah pelatihan ini diharapkan siswa/i dapat memahami bagaimana menyusun laporan keuangan perusahaan jasa dan memiliki bekal yang lebih dalam melanjutkan pendidikan lebih lanjut di perguruan tinggi.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ibnu. (2020, May 4). Jurnal Pembalik : Definisi, Penjelasan, dan Contohnya bagi Bisnis. Diakses dari https://accurate.id/akuntansi/jurnal-pembalik/

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 Laporan Keuangan. Jakarta: IAI.

Jannah, R. (2014). Peningkatan Minat Belajar Akuntansi Dengan Metode Peer Teaching Pada Konsep Jurnal Umum Dan Laporan Keuangan Siswa Kelas XI Di SMA Darussalam Ciputat. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sudradjat, S., & Djanegara, M. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi Di SMK Bina Sejahtera Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 21 - 28.

Sumarsan, T. (2017). Akuntansi Dasar dan Aplikasi dalam Bisnis Versi IFRS. Jakarta: Indeks.

Suteja, I. G. N. (2018). Analisis Kinerja Keuangan dengan Metode Altman Z Score Pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk. Jurnal Moneter vol. v no. 1 April.