MARKETING MIX DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN TARGET PASAR PT. BRIGHT EXPO

Isi Artikel Utama

Heru Hendrawijaya
Josephine Jane Bianca
Christopher Elihu Billy Morgan

Abstrak

This community service has its own goals and targets to be achieved, namely PT. Bright Expo can update its business system, by looking at the opportunities that exist. These updates not only keep the company afloat during the pandemic, but can also be a springboard for the company. By implementing the recommendations on the results of this PKM, it is expected that the company can increase the effectiveness, efficiency, and economic level of the company, so that the company can improve its performance. For this, we, lecturers and students from the Faculty of Economics and Business, will conduct an FGD (Forum Group Discussion) to identify problems and reach an agreement with the management of PT Bright Expo to analyze opportunities in a changing market environment. We conducted a survey prior to conducting the FGD (Forum Group Discussion) to obtain information regarding the location of the company and the area around it. Next we will conduct an FGD (Forum Group Discussion) with the management of PT Bright Expo. We conducted the survey in order to find out the things that need attention during the FGD, so that we can make the most of the ongoing FGD. In addition, the survey is also useful for reviewing the marketing mix strategy that exists in the company. After the discussion is carried out, we will also provide various alternatives to the management as material for consideration in decision making. We will end this activity by making a narrative FGD (Forum Group Discussion), Opportunity Analysis in Changes in the Market Environment, as well as compiling a final report and financial report on the activities we have carried out. We plan to carry out this series of activities from July 2022 – December 2022 with the output of FGD narratives and an analysis of the use of the marketing mix in meeting the needs of PT Bright Expo's target market, which is expected to provide benefits to various parties.


Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan dan target sendiri yang akan dicapai, yakni PT. Bright Expo dapat memperbarui system usahanya, dengan melihat peluang yang ada. Pembaruan tersebut tidak hanya membuat perusahaan bertahan di masa pandemi, tapi juga bisa menjadi batu loncatan bagi perusahaan. Dengan menerapkan rekomendasi atas hasil PKM ini, diharapkan perusahaan bisa meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta tingkat ekonomis perusahaan, sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya. Untuk ini, kami, dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, akan melakukan FGD (Forum Group Discussion) untuk mengidentifikasi masalah dan mencapai suatu kesepakatan dengan pihak manajemen PT Bright Expo untuk melakukan analisis peluang dalam perubahan lingkungan pasar. Kami melakukan survey terlebih dahulu sebelum FGD (Forum Group Discussion) dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai lokasi perusahaan dan daerah di sekitarnya. Berikutnya kami akan melakukan FGD (Forum Group Discussion) dengan pihak manajemen PT Bright Expo. Survey tersebut kami lakukan agar mengetahui hal-hal yang perlu mendapat perhatian selama FGD berlangsung, sehingga dapat memaksimalkan FGD yang berlangsung. Selain itu, survey tersebut juga berguna untuk menelaah strategi marketing mix yang ada pada perusahaan. Setelah diskusi dilakukan, kami juga akan memberikan berbagai alternatif kepada pihak manajemen sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.  Kegiatan ini akan kami akhiri dengan membuat narasi FGD (Forum Group Discussion), Analisis Peluang dalam Perubahan Lingkungan Pasar, juga menyusun laporan akhir maupun laporan keuangan atas kegiatan yang telah kami lakukan. Serangkaian kegiatan ini kami rencanakan akan dilakukan mulai bulan Juli 2022 – Desember 2022 dengan luaran Narasi FGD dan analisis penggunaan marketing mix dalam memenuhi kebutuhan target pasar PT Bright Expo, yang diharapkan dapat memberikan manfaat ke berbagai pihak.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Cannon, Joseph P., William D. Perreault and E. Jerome McCarthy. (2009). Basic Marketing: A Marketing Stategy Planning Opprach. New York. McGraw.