ANALISIS INSTAGRAM UMKM ARTREE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SOSIAL MEDIA

Main Article Content

Alvin Nicolas Gunadi
Viny Christianti Mawardi

Abstract

In opening a business, UMKM entrepreneurs are often constrained by business capital, marketing strategies, and access to digital technology which results in their businesses being stagnant and not experiencing significant progress. In Indonesia, Instagram is a means of media communication and media information, there are around 99.9 million people in Indonesia who are active users of Instagram with the fourth rank in the world. The PKM team analyzed Artree through his Instagram Social Media to produce data and information from Artree. The PKM team uses the help of several tools to get the information needed from Artree's social media. The tools used are exportcomments.com and cina.io. Exportcomments.com is a tool in the form of a website that can be accessed to show the results of comments from the link of a post taken from social media. In this analysis there is a 4.71% engagement rate or subsequent engagement rate, there is a 4.44% rate for the like rate or post liking rate and as much as 0.27% for the comment rate or comment rate. Artree can use features on Instagram in the form of Advertisements or Professional Features to provide improvements to the Artree promotion system and to deepen analytics on Artree's Instagram account.


Dalam membuka suatu usaha, para pengusaha UMKM sering sekali terkendala dalam modal usaha, strategi pemasaran, hingga akses teknologi digital yang mengakibatkan usaha mereka berjalan stagnan dan tidak mengalami kemajuan yang signifikan. Di Indonesia, Instagram menjadi salah satu sarana media komunikasi dan informasi media, terdapat sekitar 99,9 juta orang di Indonesia merupakan pengguna aktif instagram dengan peringkat empat dunia. Tim PKM menganalisis Artree melalui Sosial Media Instagramnya untuk menghasilkan data dan informasi dari Artree. Tim PKM menggunakan bantuan beberapa tools untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari sosial media Artree. Tools yang digunakan adalah exportcomments.com dan analisa.io. Exportcomments.com merupakan tools dalam bentuk website yang dapat diakses untuk menunjukkan hasil komentar dari link suatu post yang diambil dari sosial media. Dalam analisis tersebut terdapat 4.71% untuk engagement rate atau tingkat keterlibatan selanjut nya terdapat 4.44% rate untuk like rate atau tingkat menyukai postingan dan sebanyak 0.27% untuk comment rate atau tingkat komentar. Artree dapat mengguakan fitur-fitur pada Instagram berupa Advertisement ataupun Fitur Professional untuk memberikan peningkatan pada sistem promosi Artree dan untuk memperdalam analitikal pada akun Instagram Artree.

Article Details

Section
Articles

References

Furqon, M. A., Hermansyah, D., Sari, S., Sukma, A., Akbar, Y., & Rakhmawati, N. A. (2018). Analisis sosial media pemerintah daerah di indonesia berdasarkan respons warganet. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 2-4.

Lestari, S. 2076. Perkembangan dan strategi pengembangan pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Megadini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan feed instagram sebagai media promosi tape ketan surabaya. BARIK, 3(1), 69-81.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18-29.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127.