PELATIHAN DASAR PENCAHAYAAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN STUDIO FOTOGRAFI BAGI SISWA SMA DI JAKARTA BARAT

Isi Artikel Utama

Ferdy Ferdy
Jesseline Laura

Abstrak

Almost all groups of people have the ability to use a camera or have photography knowledge, both basic und expert. This is because the development of the tones in so fast. In its development, photography in the studio is one of the fields in photography that is always developing and in increasingly being mastered by photographers, because in a studio, ideally photographers can create photo according in the ideas or concepts they want without being hampered by weather, time or location. The existence of light in the field of photography is something that is very important and inseparable because without light, there will be no objects visible to the eye and there will he no objects that can be photographed other than that because the definition of photography itself means painting light. Partners of community service activities carried out by the team need husic wraining on lighting which is an important element in photography, especially ainut buske lighting training using u photography studio Mira hopes that has students can become more creative innovative and courages u expressing themselves through this photography training while also producing good photos for school activities. The method of implementing training activities carried out offline by practicing directly setting multi light 10 the training participants.


Saat ini hampir semua golongan masyarakat mempunyai kemampuan menggunakan kamera atau memiliki ilmu: fotografi baik secara dasar maupun ahli. Hal ini terjadi karena perkembangan zaman yang begitu cepat. Seiring berkembangnya pengetahuan dalam dunia foto, menghasilkan foto di dalam studio adalah bidang dalam fotografi yang selalu berkembang dan semakin banyak dikuasai oleh fotografer, karena dalam sebuah studio, idealnya fotografer pasti bisa menciptakan foto sesuai dengan ide atau konsep yang diinginkannya tanpa terhambat oleh cuaca, waktu maupun lokasi. Keberadaan cahaya dalam lingkup fotografi menapakan suami hal yang sangat penting dan tidak terpisahkan karena tanpa cahaya, tidak akan ada benda yang tampak oleh mata, dan tidak akan ada benda yang bisa tertoto selain itu karena definisi dari fotografi itu sendiri berarti melukis cahaya. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim membutuhkan pelatihan dasar mengenai pencahayaan yang merupakan salah satu unsur penting dalam fotografi khususnya tentang pelatihan dasar pencahayaan dengan menggunakan studio fotografi. Mitra berharap murid-muridnya dapat menjadi lebih kreatif, inovatif, dan berani berekspresi melalui pelatihan fotografi ini selain itu juga dapat menghasilkan foto yang bagus untuk kegiatan di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan secara luring dengan mempraktekan secara langsung pengaturan lampu studio kepada peserta pelatihan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Fakhirah, D., Hadiansyah, M. N., & Nabila, G. P. (2020). Penerapan pencahayaan buatan terhadap karya di ruang galeri foto pada perancangan interior pusat fotografi di Bandung. Jurnal Desain Interior, 5(2), 81-88. https://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v5i2.7270.

Gunawan, A. P. (2015). Pencahayaan dalam studio fotograf. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(1), 81-102. https://doi.org/10.25105/dim.v12i1.101.

Ingledew, J. (2013). Photography. Laurence King Publishing Ltd.

Kusuma, S. S. (2022). Analisis arah cahaya dalam studio fotografi. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 13(2), 144–152. https://doi.org/10.52290/i.v13i2.78.

Murwonugroho, W. (2020). Penguatan teknik dasar fotografi dan teknik lampu studio pada sesi pemotretan model. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 114-122. https://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.5334.

Sadono, S. (2015). Komposisi fotografi. PT. Alex Media Komputindo.

Yunianto, I. (2021). Teknik fotografi belajar dari basic hingga professional. Yayasan Primaagus Teknik.