WORKSHOP DAN KOMPETISI AUGMENTED REALITY DENGAN VUFORIA UNTUK SMA/SMK DI JAKARTA DAN SEKITARNYA

Isi Artikel Utama

Darius Andana Haris
Carlene Lim
Jason Wirawan
Melvin Pramudita

Abstrak

ABSTRACT


Technological developments are increasingly advanced where now technology has entered various aspects of life. Augmented Reality is a technology that adds virtual objects to real objects at the same time, one example of its implementation is in the game Pokemon GO. Students, especially SMA/K students, must have Augmented Reality knowledge in order to be able to adapt to the rapid advancement of technology. The solution offered is to provide training as well as an Augmented Reality competition for SMA/K students in the Jabodetabek area. This activity also aims to introduce the Informatics Engineering and Information Systems study program at the Faculty of Information Technology, Tarumanagara University. The activity lasted for 2 days and was attended by 27 participants from 9 teams. The result is, all students succeeded in creating Augmented Reality works. All students also succeeded in presenting and demonstrating their work in front of the jury.


 


Perkembangan teknologi semakin maju dimana kini teknologi pun telah masuk ke berbagai aspek kehidupan. Augmented Reality adalah teknologi yang menambahkan objek maya ke dalam objek nyata pada waktu yang bersamaan, salah satu contoh implementasinya adalah pada game Pokemon GO. Pelajar, terutama siswa SMA/K harus memiliki pengetahuan Augmented Reality agar dapat beradaptasi dengan cepatnya kemajuan teknologi. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan sekaligus perlombaan Augmented Reality untuk siswa SMA/K di area Jabodetabek. Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara. Kegiatan telah berlangsung selama 2 hari dan dihadiri oleh 27 peserta dari 9 tim. Hasilnya adalah, semua siswa berhasil membuat karya Augmented Reality. Seluruh siswa juga berhasil mempresentasikan dan memberikan demonstrasi karya di hadapan juri.


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

M. Y. Efendi, I. Lutfi, I. W. P. Utami and S. S. P. Jati, "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH AUGMENTED REALITY CARD(ARC) BERBASIS PADA POKOK MATERI PENINGGALAN KERAJAAN SINGASARI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X KPR 1 SMK NEGERI 11 MALANG," JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH INDONESIA, pp. 176-187, 2018.

I. Mustaqim and N. Kurniawan, "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY," Jurnal Edukasi Elektro, p. 1, 2017.

Sampoerna University, "Pengertian Augmented Reality, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya," 9 3 2022. [Online]. Available: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-augmented-reality/. [Accessed 18 7 2022].

I. B. M. Mahendra, "IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUFORIA SDK," Jurnal Ilmiah ILMU KOMPUTER Universitas Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 1-5, 2016.

L. Hiryanto, D. A. Haris and J. Hendryli, "Workshop dan Kompetisi Google Cardboard Virtual Reality dengan Unity Untuk Siswa SMA/SMK di Jakarta dan Sekitarnya," Universitas Tarumanagara, Jakarta, 2017.