PELATIHAN MEM-BRANDING KLUB TAEKWONDO BULUNGAN PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN BANTEN

Main Article Content

Heru Budi Kusuma

Abstract

The Bulungan Pamulang Taekwondo Club was declared on 17-09-1998 by Master Yusuf (DAN 7) and legalized the Establishment Deed of Bulungan Pamulang Taekwondo, Date: 21 October 2013 Number: 25. The management process in coaching sports clubs requires good leadership, roles and functions clear in the implementation of its activities in the field with the establishment of rational policies. Making the right decision with consideration of the interests of the people is more of an option in management. The Bulungan Pamulang Taekwondo Club needs media that informs the club's identity so that Bulungan Pamulang as a brand can be better known. Branding strategy needs to be planned and designed so that it can develop properly and foster a positive image, which will ultimately gain loyalty and fanaticism from the target community. Club branding activities involve Partner managerial activities which include: (a). Mapping the potential of human resources owned by the club, where the club owner and the core board can help analyze and conclude the potential that exists in the club, (b). Selecting regular athlete activities, tournament activities and social service activities that can be published as a club image, (c) Internet-based communication activities so that they are easily accessible in order to provide perspective to other people who see them. This visual appearance can be applied to product design, packaging design, uniform design, and so on. Using a visual display with bright or elegant colors will add to the image of a product.


 


Klub Taekwondo Bulungan Pamulang dideklarasikan pada tanggal 17-09-1998 oleh Master Yusuf (DAN 7) dan melegalitaskan Akta Pendirian Taekwondo Bulungan Pamulang, Tanggal: 21 Oktober 2013 Nomor: 25. Proses manajemen dalam pembinaan klub olahraga memerlukan kepemimpinan yang baik, peran dan fungsi yang jelas dalam pelaksanaan kegiatannya di lapangan dengan penetapan kebijakan yang rasional. Pengambilan keputusan yang tepat dengan pertimbangan kepentingan orang banyak lebih menjadi pilihan dalam manajemen. Klub Taekwondo Bulungan Pamulang membutuhkan media yang menginformasikan identitas klub agar Bulungan Pamulang sebagai brand dapat lebih dikenal dengan baik. Strategi Branding perlu direncanakan dan dirancang agar dapat berkembang baik dan menumbuhkan image positif, yang pada akhirnya akan mendapatkan loyalitas dan fanatisme dari masyarakat sasarannya. Aktivitas mem-branding klub melibatkan kegiatan manajerial Mitra yang mencakup: (a). Pemetaan potensi sumber daya manusia yang dimiliki klub, dimana pemilik klub dan pengurus inti dapat membantu menganalisis dan menyimpulkan potensi yang ada pada klub, (b). Menyeleksi kegiatan regular atlet, kegiatan turnamen dan kegiatan bakti sosial yang dapat dipublikasikan sebagai image klub, (c) Kegiatan komunikasi berbasis internet agar mudah diakses dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya. Tampilan visual ini bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan visual dengan warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah produk.

Article Details

Section
Articles

References

Hartono Y, AKTIVITAS KOMUNIKASI MASYARAKAT MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL, Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Juli-Desember 2011, Volume 15 Nomor 2.

Imran, Hasyim Ali, POLA PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI, BPPKI Jakarta, Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Naskah diterima April 2013; direvisi Juni 2013; disetujui terbit 27 Juni 2013, POLA PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI | Imran | Jurnal Studi Komunikasi dan Media (kominfo.go.id)

Jamalong A, PENINGKATAN PRESTASI OLAHRAGA NASIONAL SECARA DINI MELALUI PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN PELAJAR (PPLP) DAN PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN MAHASISWA (PPLM), Jurnal Pendidikan Olahraga, Desember 2014, Volume 3 Nomor 2.

Lismadiana, MANAJEMEN KLUB OLAHRAGA SEKOLAH DASAR, http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313280/penelitian/artikel+seminar+pomnas+Manajemen+klub+or.pdf