PELATIHAN CARA MENYUSUN ANGGARAN KAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Main Article Content

Yanti
Timothy Brian K

Abstract

Based on the preliminary survey, we found a situation where students at SMA Harapan Jaya have never received material on how to prepare a cash budget for a business. This is because the material is not included in the material at the high school level. However, considering that cash planning is very important for the continuity of a business, this training is felt to be important so that it can be a provision for students in the future when they enter the community, do business, or continue their education at the next level. Therefore, the solution to overcome the problems is to provide explanations and training on how to prepare a cash budget for a business, especially a manufacturing company, accompanied by simple examples of questions. The training was attended by 22 students of XI MIPA class. From the training that has been held, several conclusions can be drawn. First, the school is very cooperative in providing the facilities and infrastructure needed in this PKM activity so that the training runs very smoothly. Second, the students were quite enthusiastic in participating in the training. Third, there is a significant difference in the results of the pre-test and post-test. Suggestions for future training are to provide other useful accounting materials to be applied in society. The mandatory output produced from this PKM is the e-Proceedings in the Serina V 2022. While the additional output is the publication of mass media on the UNTAR website, namely Pintar.


 


Berdasarkan survey pendahuluan, kami menemukan situasi dimana siswa-siswi di SMA Harapan Jaya yang beralamat di Jalan Daan Mogot Km.13 Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, para siswa-siswi belum pernah mendapatkan materi tentang cara menyusun anggaran kas untuk suatu bisnis. Hal ini disebabkan karena materi ini memang tidak tercakup dalam materi di tingkat sekolah menengah atas. Namun, mengingat perencanaan kas adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan suatu bisnis, maka pelatihan ini dirasakan penting untuk dilakukan agar dapat menjadi bekal bagi para siswa di kemudian hari ketika mereka terjun di dalam masyarakat, berbisnis, ataupun melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya. Oleh sebab itu, solusi untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh Mitra adalah: kami memberikan penjelasan dan pelatihan tentang cara menyusun anggaran kas untuk suatu bisnis, khususnya perusahaan manufaktur, disertai dengan contoh soal yang sederhana. Pelatihan secara onsite diikuti oleh peserta didik kelas XI MIPA. Dari pelatihan yang telah diadakan, maka diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, pihak sekolah sangat kooperatif dalam menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan PKM ini sehingga pelatihan berjalan dengan sangat lancar. Kedua, peserta didik cukup antusias dalam mengikuti pelatihan. Ketiga, ada perbedaan hasil yang signifikan dalam pre-test dan post-test. Saran untuk pelatihan mendatang adalah memberikan materi-materi akuntansi lainnya yang berguna untuk diterapkan dalam masyarakat. Luaran wajib yang dihasilkan dari PKM ini adalah e-Prosiding Serina V 2022. Sedangkan luaran tambahan adalah publikasi media massa di website UNTAR yaitu Pintar.


 

Article Details

Section
Articles

References

Maryanne M. Mowen, Don R. Hansen, and Dan L. Heitger. (2017). Managerial Accounting (7th ed.). USA: Cengage Learning.

Saipi, Raquel Amelia Jantje J.Tinangon, dan I Gede Suweta. (2018). Analisis Anggaran Kas Sebagai Alat Perencanaan Dan Pengendalian Kas Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Bitung. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern. 13(2), 379-389

Fauzan, Siti dan Fatati Nuryana. (2020). Pengaruh Anggaran Kas terhadap Tingkat Likuiditas pada Perusahaan Property dan Real Estate di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2015-2017. Shafin : Finance and Sharia Accounting Journal. 1 (1) 32. https://doi.org/10.19105/sfj.v1i1.4361.