EFEKTIVITAS PROGRAM “MENJADI DIRI BERENCANA” PADA PESERTA PROGRAM ASAK PAROKI X

Main Article Content

Theresia Indira Shanti
Charlotte Chrysantha
Benedictus Wishnu Samudera
Fransisca Maria Fabrianna Padmagita
Agata de April
Albertus Brandon
Agnes Yanti
Bernadetta Sabrina Simamora
Florencia Rosa Andrini

Abstract

Siswa dari keluarga kurang mampu rentan untuk tidak alami perubahan kualitas kehidupan karena kurangnya inisiatif untuk lakukan perubahan dalam hidupnya. Intervensi dalam bentuk pelatihan bertema umum “Menjadi Diri Berencana” ini diberikan satu kali dalam 1 bulan, masing-masing 2 jam, selama 5 bulan berturut-turut dengan tema yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai self-esteem, self-efficacy, cognitive emotion regulation, social support, dan future orientation; atau dengan tema yang disampaikan pada masyarakat adalah  “Aku Berharga”, “Aku Mampu Mengatasi Tantangan”, “Aku Kelola Emosiku”, “Aku Memiliki Dukungan untuk Meraih Cita-cita”, dan “Saat ini dan Masa Depanku”. Dari hasil uji beda terhadap skor pre-test dan post-test untuk masing-masing tema tersebut tidak ada perbedaan signifikan. Hasil ini mungkin disebabkan skor peserta yang sudah termasuk dalam kategori minimal sedang, sehingga sulit untuk meningkatkan kembali dan soal pre dan post-test yang terlalu sedikit serta tingkat kesulitan rendah.  Peserta menyebutkan bahwa pelatihan beruntun ini memberi manfaat antara membuat mereka percaya pada kemampuan mereka, tidak perlu putus asa saat menghadapi tantangan, dapat meminta bantuan orang lain, memiliki teman. Disarankan bahwa intervensi serupa dapat dilakukan pada skala yang lebih luas, lebih dari satu Paroki.

Article Details

Section
Articles

References

Bisri, M., & Pratiwi, T. I. (2013). Penerapan konseling kelompok dengan strategi reframing untuk meningkatkan motivasi siswa mengikuti pelajaran di kelas di SMP Negeri 1 Kandat. Jurnal BK UNESA, 3(1), 170–176.

Choaibi, R. & Lomas, T. (2021). Coaching vulnerable youths for positive change: A coaching relationship model for promoting adolescent interpersonal relationships with trusted adults. International Coaching Psychology Review 1, 16(2).

Coetzee, D., Pienaar, A. E., & van Wyk, Y. (2020). Relationship between academic achievement, visual-motor integration, gender and socio-economic status: North-West Child Health Integrated with Learning and Development study. South African Journal of Childhood Education, 10(1). https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.646

De Freitas, C. P. P., Damásio, B. F., Tobo, P. R., Kamei, H. H., & Koller, S. H. (2016). Systematic Review about Personal Growth Initiative. Anales de Psicología, 32(3), 770. https://doi.org/10.6018/analesps.32.3.219101

Fehily, O., & Schlösser, A. (2020). An exploration of the aspirations and future orientation of adolescents from low-income families. Educational and Child Psychology, 37(1), 118–135.

Gold, S., & Nepomnyaschy, L. (2018). Neighborhood Physical Disorder and Early Delinquency Among Urban Children. Journal of Marriage and Family, 80(4), 919–933. https://doi.org/10.1111/jomf.12487

Hamilton, J. L., Connolly, S. L., Liu, R. T., Stange, J. P., Abramson, L. Y., & Alloy, L. B. (2015). It Gets Better: Future Orientation Buffers the Development of Hopelessness and Depressive Symptoms following Emotional Victimization during Early Adolescence. Journal of Abnormal Child Psychology, 43(3), 465–474. https://doi.org/10.1007/s10802-014-9913-6

He, V. Y., Nutton, G., Graham, A., Hirschhausen, L., & Su, J.-Y. (2021). Pathways to school success: Self-regulation and executive function, preschool attendance and early academic achievement of Aboriginal and non-Aboriginal children in Australia’s Northern Territory. PLOS ONE, 16(11), e0259857. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0259857

Jones, D. J., Loiselle, R., & Highlander, A. (2018). Parent-Adolescent Socialization of Social Class in Low-Income White Families: Theory, Research, and Future Directions. Journal of Research on Adolescence, 28(3), 622–636. https://doi.org/10.1111/jora.12392

Leung, J. T. Y., & Shek, D. T. L. (2013). Parenting for resilience: family processes and psychosocial competence of Chinese adolescents experiencing economic disadvantage in Hong Kong. International Journal on Disability and Human Development, 12(2), 127–137. https://doi.org/10.1515/ijdhd-2012-0137

Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 21–33.

Robitschek, C. (1998). Personal Growth Initiative: The Construct and Its Measure. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 30(4), 183–198. https://doi.org/10.1080/07481756.1998.12068941

Robitschek, C., Ashton, M. W., Spering, C. C., Geiger, N., Byers, D., Schotts, G. C., & Thoen, M. A. (2012). Development and psychometric evaluation of the Personal Growth Initiative Scale–II. Journal of Counseling Psychology, 59(2), 274–287. https://doi.org/10.1037/a0027310

Weigold, I. K., & Robitschek, C. (2011). Agentic personality characteristics and coping: Their relation to trait anxiety in college students. American Journal of Orthopsychiatry, 81(2), 255–264. https://doi.org/10.1111/j.1939-0025.2011.01094.x