Hubungan Kadar Glukosa Darah Terhadap Hipertensi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit X

Authors

  • Alexander Axel Universitas Tarumanagara
  • Andria Priyana Bagian Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Lydia Tantoso Bagian Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

Keywords:

Diabetes Melitus Tipe 2, Gula darah, Hipertensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi pada pasien diabetes melitus tipe 2 yang memiliki gula darah terkontrol dan juga yang tidak terkontrol di Rumah Sakit X di Kalideres, serta melihat status hipertensinya, dan melihat hubungan dari kadar glukosa darah dengan hipertensi.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross-sectional. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berasal dari rekam medik pasien diabetes melitus tipe 2 di Rumah Sakit X di Kalideres. Setelah dikumpulkan data tersebut dianalisis dengan uji statistik dengan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS).

Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang yang merupakan pasien diabetes melitus tipe 2 dari periode Januari 2019 - Januari 2020. Besaran sampel penelitian sebesar 120 pasien, didapatkan 72% pasien dengan gula darah yang tidak terkontrol dan sisanya yaitu 48% gula darah yang terkontrol. Dari data pasien dengan gula darah terkontrol ini memiliki hipertensi sebanyak 31,3% dan tidak hipertensi sebanyak 68,8%. Sedangkan dari data pasien dengan gula darah tidak terkontrol, 76,4% diantaranya memiliki hipertensi dan 23,6% tidak hipertensi. Hasil Uji statistik yang didapat dengan metode Chi square adalah bahwa terdapat hubungan bermakna antara kadar gula darah dengan hipertensi (p<0,05) dengan gula darah tidak terkontrol memiliki 2,4 kali terkena hipertensi pada pasien diabetes melitus tipe 2. Dengan hasil ini diharapkan pada pasien diabetes melitus tipe 2 diperlukannya untuk penurunan kadar gula darah yang bertujuan untuk mencegah terjadinya hipertensi.

Published

2023-06-28

How to Cite

Axel, A., Priyana, A., & Tantoso, L. (2023). Hubungan Kadar Glukosa Darah Terhadap Hipertensi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit X. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran Tarumanagara, 2(1), 27–30. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/JKKT/article/view/23904