PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK DAN E-SYSTEM PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK SERTA PERAN MODERASI KUALITAS PELAYANAN

Main Article Content

Evieryata
Estralita Trisnawati

Abstract

The Purpose of this study was to determine the effect of understanding tax regulations, implementing tax e-systems, and service quality on taxpayer compliance. Apart from that, this study also uses service quality to moderate the relationship between understanding tax regulations and taxpayer compliance and the relationship between implementing a tax e-system and taxpayer compliance. The data in this study uses primary data originating from a questionnaire survey using Google Form which was given to non-employee individual taxpayer respondents in Jakarta. Using the purposive sampling method, questionnaires from 120 respondents were completed and collected. From the results of the collected questionnaires, the researchers processed them using the smartPLS 4.0 program. The results of this study show that understanding tax regulations, implementing the tax e-system, and service quality have a positive and significant effect on non-employee individual taxpayer compliance. Meanwhile, service quality which plays a moderating role weakens the influence of understanding tax regulations and implementing the tax e-system on non-employee individual taxpayer compliance.

Article Details

Section
Articles

References

Aini, A. O., Budiman, J. & Wijayanti, P. (2018). Kepatuhan wajib pajak badan perusahaa manufaktur di Semarang dalam perspektif tax professional. Investasi, 10(1), 22–35. https://doi.org/10.21107/infestasi.v10i1.514

Bougie, Roger and Sekaran, Uma (2020). Research Methods for Business. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Cnbcindonesia.com. 22 Februari 2023, dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20230222072046-4-415840/umkm-omzet-rp500-juta-setahun-wajib-lapor-spt-ya#:~:text=Pelaku%20usaha%20UMKM%20dengan%20omzet,HPP%20No.%207%20Tahun%202021.

Damayanti, L. D. & Amah, N. (2018). Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi dan Pengampunan Pajak. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 7, No 1.

Deli, L. & Murtani, A. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan dan Efektivitas Pengawasan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dengan Kompetensi Sebagai Variabel Moderating Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisinis. Vol 19 No 2.

Harryanto. & Trisnawati, E. (2023). Pengaruh Sosialisasi, Tarif, Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Program Pps Sebagai Variabel Pemoderasi. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan) Vol. 7, No. 1 Juni 2023, Hal. 206– 216.

Heider, F. (1958). The Psychology of Interpersonal Relations. Wiley.

Istutik, I. & Pertiwi, D. S. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengaruh penerapan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan pemahaman internet sebagai variabel moderasi (studi pada wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Sumb. Inspirasi, 18(2), 524–534. https://doi.org/10.29100/insp.v18i2.2511

Jihin, S. A. F. & Salta. W. A. S. (2021). Kajian Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi Ditinjau DariPemahaman Peraturan Perpajakn dan Sanksi Perpajakan. Jurnal Krisna. Jurnal KRISNA: KumpulanRisetAkuntansi; Vol. 12, No. 1 Januari 2021, pp. 303-319.

Kelley, H. (1967). Attribution Theory in Social Psychology. Nebraska Symposium on Motivation, Vol 15, 1967, 192-238.

Kompas.id. (10 Mei 2023), dari https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/05/11/epatuhan melapor-meningkat-tipis-spt-masih-dinanti-sampai-akhir-tahun

Kusuma, K. C. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Tahun 2014 (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultas. Universitas Negeri Yogyakarta.

Natascha, C. & Trisnawati, E. (2023). Pengaruh Penurunan Tarif PPh, Sanksi Pajak, dan Modernisasi Pelayananan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Jakarta Barat Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Multiparadigma Akuntansi. Vol. V No. 3/2023 Edisi Juli Hal: 1489-1498.

Indraini, A. (2021). Woro Woro! Situs Lapor SPT Pajak Error. DetikFinance. https:// finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d5435486/woro-woro-situs-lapor-spt-pajakerror/2

Pebrina, R. & Hidayatulloh, A. (2020). Pengaruh Penerapan E-SPT, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 17 No 1, Maret 2020: 1-8.

Pujilestari, H., Humairo, M., Firmansyah, A. & Trisnawati, E. (2021). Peran Kualitas Pelayanan dalam Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Sosialisasi Pajak dan Sanksi Pajak. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi. Vol 16 (1) 2021, 36-51.

Putra, A. F. (2020). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM: Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak dan Modernisasi Sistem. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan. Vol 7 No 01.

Robbins, S. P. & Jugde, T. A. (2017). Perilaku Organisasi (P. P. Lestari (ed.); 5th ed.). Salemba Empat.

Sherlina, V. & Trisnawati, E. (2023). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Penerpan E-Filing, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Administrasi Wajib Pajak UMKM. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, Volume V No. 2/2023 Edisi April Hal: 851-858.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suyati, N. & Sugiharto. (2021). Pengaruh E-Filing, Kualitas Pelayanan, Audit dan Pemeriksaan Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Kajian Ilmiah. Vol 21 No 2.

Syahril, F. (2013). Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Orang Pribadi. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Tambun, S. & Muhtiar, I. (2019). Pengaruh pengetahuan perpajakan dan penerapan esystem terhadap kepatuhan wajib pajak yang di moderasi oleh technology acceptance model. Media Akuntansi Perpajakan, 4(1), 1–15.

Tan, R., Hizkiel, Y. D. & Trisnawati, E. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak Di Era Pandemi Covid 19: Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Perpajakan, Peraturan Perpajakan. Jurnalku. Vol 1 No 3.

Tresnalyani, N. K. M. & Jati, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakkan dan Biaya Kepatuhan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi. Vol 24 No 1.

Weiner, B. (1985). An Attributional Theory of Achievement Motivation and Emotion. Psychological Review Vol 92 No.4.

Widjaja, H. & Siagian, A. J. (2017). Analisis Penerapan E-system Perpajakan Pada Wajib Pajak Pribadi Terhadap Pelaksanaan Self-Assesment System Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan. Jurnal Ekonomi/Volume XXII, No. 03, November 2017: 440-447.

Widyanti, Y., Erlansyah, D., Butar, S. D. R. B. & Maulidya, Y. N. (2021). Pengaruh Tingkat Pemahaman, Sanksi, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Journal Management, Business, and Accounting. Vol. 20, No. 3.