Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Kontemporer Akuntansi?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

JUDUL ARTIKEL DITULIS MENGGUNAKAN HURUF TIMES NEW ROMAN 14 pt, 1 SPASI (TIDAK LEBIH DARI 15 KATA)

 

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3

(Times New Roman Bold, 12 pt tanpa gelar)

 

1Jurusan Teknik Mesin, Universitas X Jakarta

Email: budi@untx.ac.id

2 Departemen Sipil, Universitas Y Surabaya

 Email: sinta@unty.co.id

3Program Studi Teknik Industri, Universitas Z

Email: doni@gmail.com

(Times New Roman, 10pt)

 

 

Abstrak (Times New Roman, 10pt)

Naskah ditulis dalam format MS Word. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, ukuran huruf 10pt, Times News Roman spasi 1, untuk Bahasa Inggris diketik Italic. Abstrak merupakan ringkasan yang meliputi latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan dalam bentuk singkat dan jelas. Jumlah kata dalam abstrak antara 150 - 200 kata. Abstrak ditulis dalam satu paragraf.

 

Kata Kunci: Huruf Times News Roman, Ukuran 10 poin dan tidak lebih dari 5 kata kunci

 

 

Abstract (Times New Roman, 10pt, Italic )

Manuscript should be written in MS Word file. Abstract should be written both in Bahasa Indonesia and Bahasa Inggris, single space. Abstract is a summary that includes the background, objectives, methods, results and conclusion in a clear and concise form. Word count for abstract should be 150 - 200 words. Abstract should be written in 1 (one) paragraph.

 

Keywords: Font type Times News Roman, size 10pt and number of keywords not more than 5 keywords.

 

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Naskah ditulis pada kertas A4 (21 cm x 29.7 cm), dengan mirror margin atas 30 mm, bawah 25 mm, kiri (inside) 25 mm dan kanan (outside) 20 mm. Isi makalah ditulis dengan huruf Times New Roman berukuran 12 pt dengan jarak 1 spasi, dan diketik menggunakan  MS Word. Makalah dituliskan antara 15-20 halaman.

Latar belakang diuraikan mengenai current isu penelitian, motivasi dalam melakukan penelitian, penelitian terdahulu/gap penelitian.

Rumusan Masalah

Seluruh makalah yang dikirimkan harap tetap menyertakan nomor halaman, dan header dan footer yang ada. Mohon header dituliskan nama penulis dan judul makalah. Penulis tidak perlu mengubah nomor halaman dan footer. Bagian ini akan ditambahkan oleh editor ketika semua makalah yang masuk akan dikompilasi menjadi satu Jurnal.

Perumusan masalah menjelaskan hubungan (dapat sebab akibat, korelasi atau perbedaan) antara variabel dalam kalimat tanya dan disajikan secara spesifik.

 

KAJIAN PUSTAKA dan PENGEMBANGAN HIPOTESIS

Makalah dapat ditulis baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Tulisan dalam pokok uraian  menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 pt, justified, 1 spasi, sebagaimana pada  dokumen ini. Penulis diperbolehkan menggunakan huruf jenis lain untuk keperluan khusus misalnya untuk membedakan source code suatu program komputer.

Judul dari suatu section (heading dari section) ditulis dengan Times New Roman Capital 12 pt, bold. Format paragraf justified, dan dalam satu halaman diusahakan rata atas dan bawah, sehingga sisa spasi dapat diatur oleh penulis. Penggantian bagian diberi jarak 1 spasi.

Perumusan hipotesa berisi penelitian terdahulu yang berkaitan dengan variabel yang dihipotesakan, argumen secara teori, dan sebaiknya menampilkan arah hipotesis dan menjelaskan mengapa hipotesa  dari variabel yang diajukan memiliki arah positif, negatif atau menjadi variabel intervening atau moderating.

Sub bagian (Sub section)

Judul dari subsection ditulis dalam Times New Roman 12 pt, bold dan ditulis dengan model sentence case (huruf besar hanya pada awal). Judul Sub bagian ditulis tanpa nomor bab.

 

METODE PENELITIAN

Metode penelitian diuraikan secara ringkas definisi dan pengukuran variabel, metode pengumpulan data dan metode analisis data.

Table 1. Definition of Operational Variables

Variable

Name of Variable

Measurement Scale

Source

GOLD

Gold Price

Ratio

https://www.investing.com

CPI

Inflation

Ratio

https://alfred.stlouisfed.org

OIL

Crude oil price

Ratio

https://www.investing.com

USX

US Dolar Index

Ratio

https://www.investing.com

DOW

Dow Jones Index

Ratio

http://finance.yahoo.com

CRISIS

Economic Crisis

Nominal (1=Crisis, and 0=Not a crisis)

 

 

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Tabel dan gambar diletakkan di tengah halaman. Judul tabel ditulis di atas tabel, sedangkan judul gambar di bawah gambar, keduanya dengan huruf Times New Roman 12 pt. Huruf pada Tabel menggunakan Times New Roman 10 pt 1 spasi. Jika diperoleh dari sumber lain, sumber tabel atau gambar mohon dicantumkan. Tabel digambarkan secara sederhana untuk menghindari hasil cetak yang kurang bagus. Setiap tabel dan gambar harus diacu dalam paragraf. Tabel dan Gambar diletakkan sedekat dengan uraian yang mengacu pertama kalinya. Umumnya Tabel dan Gambar diletakkan setelah disebutkan dalam uraian makalah. Penomoran Tabel dan Gambar diurutkan mulai dari nomor 1 dan seterusnya. Contoh tabel dapat dilihat pada Tabel 1.  Huruf untuk keterangan pada Gambar hendaknya cukup besar dan jelas sehingga mudah terbaca.

 

Tabel 1. Ukuran font pada judul tabel 12, ukuran font pada isi tabel dapat disesuaikan namun tetap mudah terbaca

Sumber tabel:

 

Run 1

Run 2

Run 3

Run 4

cd (kN-det/m)

35.251

35,259

35,261

35,266

kd (kN/m)

782,12

782,23

782,22

782,22

Fungsi obyektif

3,6589

3,6589

3,6589

3,6589

wd (rad/detik)

6,254

6,254

6,254

6,254

 

 

Gambar 1. Ukuran font 12

Sumber Gambar:

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Setiap makalah diakhiri dengan kesimpulan, yang merangkum hasil dari makalah yang ditulis, serta saran sebagai rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian.

 

REFERENSI

Referensi ditampilkan pada akhir artikel dan diurutkan berdasarkan abjad dari nama belakang pengarang utama. Huruf yang digunakan Times New Roman 12 pt, dengan format hanging 10 mm, seperti pada contoh di bawah. Teks atau kalimat dalam pokok pikiran yang merujuk pada rujukan tersebut ditandai dengan nama belakang dari penulis.

 

Contoh: Sejak tahun 1995 telah diperkenalkan konsep unified design provision pada peraturan beton di Amerika (ACI 318-1995) yang mengacu pada tulisan yang diajukan oleh Murdock (1992). Dst. Selain itu, penggunaan nilai d (untuk beton bertulang) dan dp (untuk beton prategangan) juga menimbulkan beberapa ketidak-konsistenan dari peraturan yang selama ini berlaku (Murdock, 1992). Dst.

 

Referensi harus berupa bahan yang dipublikasikan dan atau mudah diakses informasinya oleh umum. Urutan penulisan referensi adalah sebagai berikut ini.

 

Nama Belakang Penulis, Inisial Nama Depan. (Tahun Publikasi). Judul Buku. Nama Penerbit, Kota Terbit.

Nama Belakang Penulis, Inisial Nama Depan. (Tahun Publikasi). “Judul Artikel Jurnal”. Nama Konferensi, Tempat Konferensi, Tanggal Konferensi, nomor halaman.

Nama Belakang Penulis, Inisial Nama Depan. (Tahun Publikasi). Judul Artikel Jurnal. Nama Jurnal, Angka Vol. Jurnal (Nomor penerbitan), nomor halaman.

Arfiadi, Y. & Hadi, MNS. (2006). Continuous bounded controller for active control  of structures. Computers and Structures, 84, 798-807.

Sarraf, M. & Bruneau, M. (1998). “Ductile sismic retrofit of steel deck-truss bridges, II: Design applications”. J. Struct. Engrg., 124(11), 1263-1271.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah atau dipertimbangkan untuk dimuat pada suatu jurnal
  2. File artikel dalam format word (doc atau rtf)
  3. Artikel diketik pada kertas ukuran A4
  4. Artikel diketik dengan Margin: atas 3,5 cm, kiri 3,5 cm, kanan 2,5 cm, bawah 2,5 cm
  5. Jika artikel dalam Bahasa Indonesia, abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris
  6. Jumlah halaman berkisar dari 15 sampai dengan 20 halaman, dengan satu spasi
  7. Seluruh referensi yang disitasi, sudah termuat dalam daftar pustaka
  8. Jumlah sitasi dari jurnal minimal 60% dari total referensi yang disitasi
  9. Gambar dan Tabel dapat terbaca dengan jelas
  10. Gambar dan Tabel sudah diberi judul
  11. Gambar dan Tabel sudah diberi narasi secara singkat
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang digunakan dalam Jurnal Kontemporer Akuntansi hanya untuk jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara dan tidak boleh digunakan oleh siapapun.