Analisis Isi Daya Tarik Pesan Iklan Berdasarkan Elemen Print Ad pada Iklan Sabun Mandi di Majalah Femina Periode Januari 2014- Agustus 2016

Nadya Istighfarina, Ratih Hasanah Sudrajat

Abstract


One of mass media in Indonesia that used for advertising is Femina magazine. The target audience of Femina is women and because of its target audience, so Femina being potential magazine for cosmetics and toiletries product to advertise. One of toiletries product is soap.  In copywriting, print ad has an element that consist of headline, subheadline, body copy and ilustration. An advertisement has an appealing point that consist of informational, emotional and combination to attract the readers. The aim of this research is to identify domination of appealing point by print ad element in soap advertisement on Femina magazine period of Jauari 2014- August 2016. Method of this research using quantitative descriptive content analysis. Total object of this research are 27 advertisement. The result of this research showing that domination of using headline in advertisement is provocative headline with percentage 44,44%, advertisement tend to not using subheadline with percentage 51,85%, domination of body copy in advertisement is using picture- caption copy with percentage 48,15%, advertisement tend to using photography ilustration technique with percentage 96,29% and domination of appealing point is using informational appealing point with percentage 48,15%.



Salah satu media massa yang terdapat di Indonesia yang digunakan untuk sarana beriklan adalah majalah wanita Femina. Karena target pembaca Femina adalah untuk wanita, maka Femina adalah majalah berpotensial bagi para produk kecantikan dan toiletries untuk beriklan. Salah satu produk toiletries adalah sabun mandi. Dalam penulisan iklan (print ad) memiliki elemen yang terdiri dari headline, subheadline, body copy dan ilustrasi serta mengandung suatu daya tarik agar menarik perhatian pembaca yang terdiri dari daya tarik rasional, emosional dan kombinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dominasi daya tarik pesan berdasarkan elemen print ad pada iklan produk sabun mandi di majalah Femina periode Januari 2014 hingga Agustus 2016. Metode pada penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah 27 iklan produk sabun mandi. Dari hasil penelitian yang dibagi ke dalam 5 kategori, menunjukkan bahwa dominasi penggunaan headline adalah provocative headline sebesar 44,44%, iklan cenderung tidak menggunakan subheadline dengan persentase 51,85%, dominasi body copy pada iklan menggunakan  picture- caption copy sebesar 48,15%, iklan cenderung menggunakan teknik ilustrasi fotografi dengan persentase sebesar 96,29% dan dominasi daya tarik pesan pada iklan menggunakan daya tarik rasional sebesar 48,15%. 



Keywords


appealing point; descriptive content analysis; print ad element; quantitative; analisis isi deskriptif; daya tarik pesan; elemen print ad; kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Arens, W.W., Michael F.W., & Christian, A. (2009). Contemporary Advertising and Integrated Marketing Communication. America (US): McGraw Hill.

Baran, S.J. (2011). Introduction to Mass Communication Media Literacy and Culture. America (US): McGraw Hill.

Belch, G.A., & Michael, A.B. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. Singapore: McGraw Hill.

Boove, C.L., & William, W.A. (1986). Contemporary Advertising. America (US): Irwin Professional Publishing.

Dwijayanto, A., & Vicky A. Mantap, Indonesia Kuasai Pasar Produk Esential Oil dan Toilteries di ASEAN. Diakses pada 27 November 2016 pukul 7:38. http://www.jitunews.com/read/15675/mantap-indonesia-kuasai-pasar-produk-essential-oil-dan-toiletries-di-asean

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hereyah, Y. (2014). Iklan Mobil di Media Cetak (Analisis Elemen Copywriting dan Elemen Visualisasi di Majalah SWA). [jurnal] portalgaruda.org

Khasali, R. (1995). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

King, K.W., & J, Thomas R. (2009). Kleppner’s Advertising Procedure. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Gary, A. (2006). Prinsip- prinsip Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marketing Research Indonesia. 2015. Prospek Periklanan di Indonesia. Diakses pada 27 November 2016 pukul 14:56. http://www.mri-research-ind.com/berita-220-prospek-periklanan-di-indonesia.html

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rakhmat, J. )2009). Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi dengan contoh analisis statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Stewart, C. (2008). Media New Ways and Meanings. Brisbane: National Library of Australia.

Ruliana, V. (2009). Pengaruh Keterlibatan Pelanggan dalam Komunitas Merek terhadap Loyalitas Merek. skripsi Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia/

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia.Yogyakarta: Andi Offset.

Wicaksono M.E. (2015). Analisis Isi Program Acara Edutainment di Televisi Swasta Nasional (Analisis Isi pada Program di SCTV, RCTI dan Indosiar Periode 5-11 Januari 2015. [skripsi] Bandung: Universitas Telkom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Our Journal Indexed By:

    

========================================================================================

Creative Commons License

JK by http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

========================================================================================

    

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 5604478