PERENCANAAN TEKNOLOGI PEMANENAN AIR HUJAN SEBAGAI SUMBER AIR BERSIH PADA MASJID AGUNG BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN

Endah Lestari, Buddy Pamuji

Abstract


Bencana kekeringan yang terjadi akhir-akhir ini menimbulkan berbagai jenis penyakit, rawan pangan dan menurunnya pasokan air bersih yang merupakan kebutuhan utama manusia. Kekeringan sebagian besar diakibatkan oleh gangguan keseimbangan hidrologis seperti terjadinya degradasi aliran sungai yang beralih fungsi yang menyebabkan terganggunya sistem peresapan air tanah dan pendangkalan waduk atau tempat penampungan air yang menyebabkan daya tampungnya menurun.Pendangkalan tersebut akan membuat cadangan air yang tersimpan menjadi lebih sedikit untuk persediaan air di musim kemarau.Kalimantan Selatan termasuk daerah yang memiliki ancaman persoalan kelangkaan air bersih terutama di wilayah Banjarmasin.Dalam penelitian ini penulismerencanakan penerapan teknologi pemanenan air hujan pada Masjid Agung Banjarbaru Kalimantan Selatan sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan air baku jamaah dalam kegiatannya di lingkungan Masjid Agung. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data dan pengolahan data. Dari hasil perhitungan jumlah volume curah hujan yang di dapat melalui atap bangunan, menunjukkan bahwa Volume air yang dihasilkan oleh hujan adalah 1.785,60 m³. Sedangkan kebutuhan air baku setiap bulannya dihasilkan sebesar 1.350m³.Volume suplai air hujan > dari volume kebutuhan air. Sehingga dapat disimpulkan bahwa air hujan dianggap dapat memenuhi kebutuhan air bersih pada kawasan tersebut. Melalui kolam-kolam penampungan air hujan yang juga berfungsi sebagai elemen estetika bagi bangunan, air hujan dialirkan ke ruang-ruang wudhu dan kamar mandi. Kolam pemanenan air hujan yang direncanakan berjumlah 4 buah, di setiap kolam diharapkan dapat menampung volume tampungan air hujan sebesar>446, 40 m³.


Full Text:

PDF

References


Dwivedi, Arun Kumar; Patil, Virendra B; Karankal, Amol B. (2013). “Rooftop Rain Water Harvesting for Groundwater Recharge in an Educational Complex”. Global Journal of Researches in Engineering Civil and Structural Engineering, Volume 13 Issue 1 Version 1.0.

Oni, S.I; Ege, Emmanuel; Asenime, Charles; Oke, S.A. (2008). “Rainwater Harvesting Potential for Domestic Water Supply in Edo State”. Indus Journal of Management & Social Sciences, Vol.2, No. 2: 87-98.

O.I, Shittu; O.T, Okareh; A.O, Coker. (2015). “Development of rainwater harvesting technology for securing domestic water supply in Ibadan, Nigeria”. International Research Journal of Engineering Science, Technology and Innovation (IRJESTI). Vol. 4(1) pp. 032-037.

Steffen, Jennifer; Jensen, Mark; Pomeroy, Christine A; Burian, Steven J. (2013). “Water Supply and Stormwater Management Benefits of Residential Rainwater Harvesting in U.S. Cities”. Journal of The American Water Resources Association, Volume 49, No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.