STUDI PERUBAHAN KINERJA PELAKU RITEL DAN POLA BELANJA KONSUMEN PADA PUSAT PERBELANJAAN SEKITAR PASCA OPERASIONALISASI MALL BINTARO XCHANGE (STUDI KASUS BINTARO PLAZA DAN LOTTE MALL)

Thyoria Mariska Girsang, Nasiruddin Mahmud, Erwin Fahmi

Abstract


Bintaro Xchange Mall yang beroperasi pada akhir tahun 2013, merupakan pusat perbelanjaan terbaru, terbesar, dan paling strategis di kawasan Bintaro Jaya. Sebelum ke Bintaro Xchange Mall, 2 pusat perbelanjaan serupa beroperasi di kawasan Bintaro Jaya, yaitu Bintaro Plaza dan Lotte Mall. Kehadiran Bintaro Xchange Mall diindikasikan berimbas pada perubahan kinerja ritel di pusat perbelanjaan yang ada serta perilaku belanja konsumen. Studi teoritis menjelaskan bahwa ada 12 faktor yang menentukan keberhasilan pusat perbelanjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perubahan kinerja ritel dan perilaku belanja konsumen, dan bagaimana hal ini berkaitan dengan persepsi konsumen terhadap faktor-faktor keberhasilan pusat perbelanjaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis komparatif dan korelasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa telah terjadi perubahan kinerja pengecer dan perilaku belanja konsumen di Bintaro Plaza dan Lotte Mall pasca operasionalisasi Bintaro Xchange Mall. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa perubahan kinerja ritel berpengaruh signifikan terhadap perubahan perilaku belanja konsumen, sedangkan perubahan perilaku belanja konsumen berkorelasi signifikan dengan persepsi konsumen terhadap 12 aspek pusat perbelanjaan. Oleh karena itu disimpulkan bahwa perubahan kinerja ritel berhubungan secara tidak langsung dengan konsumen yang tanggap pada pusat perbelanjaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.