Pengaruh kualitas tidur terhadap konsentrasi belajar siswa SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran
Main Article Content
Abstract
Masa remaja ditandai oleh pertumbuhan biologis dan perkembangan psikososial yang menjadikan kebutuhan akan tidur berkualitas menjadi semakin penting. Kualitas tidur merupakan komponen esensial dalam menunjang fungsi neurokognitif, terutama aspek konsentrasi belajar dalam keberhasilan akademik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas tidur dan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII dan IX di SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran. Studi ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan potong lintang. Instrumen yang digunakan terdiri atas kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur, serta kuesioner konsentrasi belajar yang dikembangkan berdasarkan kognitif, afektif, psikomotor, dan linguistik. Sebanyak 182 responden yang dipilih menggunakan teknik total sampling, yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil menunjukkan 112 (61,5%) responden memiliki kualitas tidur yang baik sisanya 70 (38,5%) responden memiliki kualitas tidur yang buruk. Sebanyak 93 (51,1%) responden memiliki konsentrasi belajar yang tinggi, sisanya 89 (48,9%) responden konsentrasi belajarnya rendah. Uji chi-square didapatkan hubungan signifikan antara kualitas tidur dan konsentrasi belajar (p = 0,039) dan responden dengan kualitas tidur baik memiliki peluang 1,38 kali lebih besar untuk memiliki konsentrasi belajar tinggi dibandingkan responden dengan kualitas tidur buruk. Upaya peningkatan kualitas tidur yang baik perlu dilakukan untuk mendukung kualitas akademik yang lebih baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
1. Gallego-Gomez JI, Gonzalez-Moro MTR, Gonzalez-Moro JMR, Vera-Catalan T, Blanza S, Simonelli-Munoz AJ. Relationship between sleep habits and academic performance in university nursing students. BMC Nurs. 2021;20(1):100.
2. Armand MA, Biassoni F, Corrias A. Sleep, well-being and academic performance: a study in a Singapore Residential College. Front Psychol. 2021;12:672238.
3. Buysse DJ, Reynolds CF, Monk TH, Berman SR, Kupfer DJ. The Pittsburgh Sleep Quality Index: a new instrument for psychiatric practice and research. Psychiatry Res. 1989 May;28(2):193–213.
4. Agustin D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Tidur pada Pekerja di PT Krakatau Tirta Industri Cilegon [Skripsi]. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia; 2012.
5. Era JM. Hubungan gangguan pola tidur dengan konsentrasi belajar mahasiswa ners tingkat 3 STIKes Santa Elisabeth Medan tahun 2022 [Skripsi]. Medan: STIKes Santa Elisabeth Medan; 2022.
6. Hummer DL, Lee TM. Daily timing of the adolescent sleep phase: Insights from a cross-species comparison. Neurosci Biobehav Rev. 2016;70:171-81.
7. Okawa M, Uchiyama M, Ozaki S, Shibui K, Ichikawa H. Circadian rhythm sleep disorders in adolescents: clinical trials of combined treatments based on chronobiology. Psychiatry Clin Neurosci. 1998;52(5):483–90.
8. Madrid-Valero JJ, Martinez-Selva JM, do Couto BR, Sanchez-Romera JF, Ordonana JR. Age and gender effects on the prevalence of poor sleep quality in the adult population. Gac Sanit. 2017;31(1):18-22.
9. Taporoski TP, Beijamini F, Alexandria S, Aaby D, von Schantz M, Pereira AC. Gender differences in the relationship between sleep and age in a Brazilian cohort: the Baependi Heart Study. J Sleep Res. 2025;34(4):e14154
10. Alotaibi AD, Alosaimi FM, Alajlan AA, Bin Abdulrahman KA. The relationship between sleep quality, stress, and academic performance among medical students. J Fam Community Med. 2020;27(1):23–8.
11. Hershner SD, Chervin RD. Causes and consequences of sleepiness among college students. Nat Sci Sleep. 2014;6:74-84.
12. Sinabutar NA, Pratiwi IP. Hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar siswa di SMK Pustek Serpong Tangerang Selatan tahun 2020. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro. 2022;5(1):48-52.
13. Kireinata DM, Purnama NLA, Silalahi V. Gangguan tidur dan prestasi belajar remaja.. Jurnal Penelitian Kesehatan. 2019;8(2):97-104.

