Efektivitas video edukasi terhadap pengetahuan HIV/AIDS di kalangan mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara
Main Article Content
Abstract
Tingginya populasi orang terinfeksi Human Immunodeficiency Virus di Asia Tenggara mengharuskan Indonesia untuk lebih waspada terhadap penyebaran dan penularan virus ini. Hanya saja, upaya sosialisasi melalui penyuluhan dan edukasi terkait penularan Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) yang sudah dilakukan belum memberi pengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa terkait HIV/AIDS sehingga studi ini dilakukan untuk meneliti tingkat pengetahuan terhadap HIV/AIDS pada mahasiswa kedokteran. Studi menggunakan desain pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-test dan post-test. Responden studi ialah mahasiswa kedokteran aktif angkatan 2022 di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yang pengambilannya menggunakan metode simple random sampling. Studi ini menemukan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah menerima penyuluhan tentang HIV/AIDS (p-value 0,000). Sebelum diberikan penyuluhan berupa video edukasi mengenai HIV/AIDS, sebanyak 37 responden (40,66%) memiliki pengetahuan yang cukup, dan 4 responden (4,4%) memiliki pengetahuan yang kurang dengan skor pre-test rata-rata ialah 76,92. Setelah mendapatkan penyuluhan tentang HIV/AIDS melalui media video edukasi, tingkat pengetahuan responden meningkat. Responden yang mencapai tingkat pengetahuan yang baik sebanyak 69 responden dengan skor rata-rata post-test meningkat menjadi 83,37. Berdasarkan temuan studi ini dapat disimpulkan bahwa penyuluhan menggunakan media video edukasi terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan responden khususnya mengenai HIV/AIDS.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
UNAIDS. Ending The AIDS Epidemic Among Children Adolescents And Young Women [Internet]. Geneva: UNAIDS; 2018. Available from: https://www.unaids.org/en/ resources/presscentre/featurestories/2018/april/ending-aids-epidemic-among-children-adolescents-young-women
Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia [Internet]. Jakarta: Kemenkes RI; 2020. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/ https://kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2020
Liawati. Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Pada Pekerja Seks Komersial (PSK) Di Kota Bandung Tahun 2017. Jurnal Bidan. 2018;4(2):25-35.
Nurwati N, Rusyidi B. Pengetahuan Remaja Terhadap HIV-AIDS. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2018;5(3):288–93.
Liawati FNU. Perbedaan Tingkat Pengetahuan Siswa Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Pencegahan Hiv/Aids. Jurnal Kesehatan Rajawali. 2019;9(1):32-41.
Aspiawati. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Media Animasi Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS di SMK Negeri 2 [Skripsi]. Makassar: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin. 2018.
Syafira DN, Wahyuni S, Lestari IP. Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan HIV/AIDS Pada Siswa SMK Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang [Skripsi]. Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ngudi Waluyo. 2020.
Arikunto S. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2016.
Nurdianti R, Rahmawati A, Nuryani WD. Efektivitas Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang HIV/AIDS. Mahesa: Malahayati Health Student Journal. 2023;3(9):2691-702.
Sabhita D, Winarni S, Djuwadi G. Pengaruh Edukasi Menggunakan Video Tentang HIV/AIDS Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Di Kecamatan Sananwetan. Jurnal Pendidikan Kesehatan. 2022;11(2):139-48.
Haseza F, Fitrianni, Laska Y. Pengharuh Penggunaan Media Video Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Pencegahan HIV/AIDS Kelas X IPA 1 Di SMA 26 Batam. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan. 2024;15(1):9-14.
Handayani L, Putri HA. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Pencegahan HIV/AIDS Di SMA Negeri 1 Parigi Kabupaten Pangandaran [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah. 2017.