Hubungan persepsi mahasiswa terkait lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Febri Angreani Wilyo
Enny Irawaty

Abstract

Lingkungan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar. Persepsi mahasiswa terkait lingkungan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga diperoleh hasil belajar yang baik. Tujuan studi ini adalah mengetahui persepsi mahasiswa terkait lingkungan pembelajaran dan hubungannya dengan hasil belajar. Studi ini dilakukan pada 165 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2017 semester 4 dengan menggunakan desain cross sectional. Data persepsi terkait lingkungan pembelajaran diperoleh dari kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Sebanyak 155 (93,9%) mahasiswa mempersepsikan lingkungan pembelajaran lebih banyak hal positif daripada negatif, diikuti 8 (4,8%) mahasiswa mempersepsikan sangat memuaskan dan 2 (1,2%) mahasiswa mempersepsikannya terdapat masalah. Hasil belajar dengan nilai IPK sangat memuaskan diperoleh sebanyak 128 (77,6%) mahasiswa diikuti 34 (20,6%) mahasiswa memperoleh nilai IPK dengan pujian dan 3 (1,8%) mahasiswa dengan nilai IPK memuaskan. Mayoritas responden memiliki persepsi positif terkait semua aspek persepsi lingkungan pembelajaran yang meliputi persepsi terhadap proses pembelajaran, persepsi terhadap dosen, persepsi terhadap atmosfer akademik, persepsi terhadap kehidupan sosial dan persepsi terhadap kemampuan akademik. Pada studi ini tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara persepsi mahasiswa terkait lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar (p >0,05).  

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Prihatiningsih TS, Qomariyah N. Evaluation of a problem based learning curriculum using content analysis. IJERE. 2016;5:205-10. Available from: http://iaesjournal.com/ online/index.php/IJERE

Spencer JA, Jordan RK. Learner centred approaches in medical education. BMJ. 1999 May 8;318(7193): 1280–3. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1115656/

Sawant SP, Rizvi S. Study of passive didactic teacher centered approach and an active student centered approach in teaching anatomy. Int J Anat Res 2015, Vol 3(3):1192-7. Available from:

https://pdfs.semanticscholar.org/d7b9/636d6515f60769b30adc02a8a369f56aab49.pdf

Daryanto. Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Jakarta: Gava Media;2014. p.31-3.

Hadis A, Nurhayati B. Manajemen mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta;2014. p.100-7.

Hutchinson L. Educational environment. BMJ. 2003 Apr 12;326(7393):810-2. Available from: https://www.ncbi.nlm. nih.gov/pubmed/1268998

Santrock JW. Educational psychology. 5th edition. New York: McGraw Hill;2011. p.437-8

Lizzio A, Wilson K, Simons R. University students’ perceptions of the learning environment and academic outcomes: Implications for theory and practice. Studies in Higher Education. 2002;27(1):27-52. Available from: http://srhe.tandfonline. com/action/journalInformation?journalCode=cshe20

Ahmed Y, Taha MH, Alneel S, Gaffar AM. Students’ perception of the learning environment and its relation to their study year and performance in Sudan. Int J Med Educ. 2018;9:145-150. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29805119

Leman MA. Persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar, motivasi belajar, strategi belajar, dan hasil belajar di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta [Tesis]. 2014.

Malasari RB, Sunardi, Suryani N. Hubungan lingkungan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Berlian Nusantara Magetan. IJMS. 2017;4(2):1-7.

Yuranda GS, Nurhayati. Hubungan persepsi lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan dokter FKIK UMY.2016. Available from: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5854

Soemantri D, Roff S, McAleer S. Student perceptions’ of the educational environment in the midst of curicullum change. Med J Indones. 2008;17(1):57-62. Available from: https://doi.org/10.13181/mji.v17i1.303

Mayya S, Roff S. Students’ perception of educational environment : a comparison of academic achievers and under-achievers at Kasturba Medical College,India. Educ Health (Abingdon). 2004 Nov;17(3):280-91 Available from: https://www.ncbi.nlm.nih. gov/pubmed/15848815

Tompodung LM. Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal eBm. 2017;5(2):1-5. Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/ebiomedik/article/view/17072

Shafira NNA. Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran di program studi kedokteran fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan di Universitas Jambi. JMJ. 2017;5(2):137-150. Available from: https://doi.org/10.22437/jmj.v5i2.4198

Kim H, Jeong H, Jeon P, Kim S, Park YB, Kang Y. Perception study of traditional Korea medical students on the medial education using the Dundee Ready Education Environment measure. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. 2016;1-7. Available from: https://dx.doi.org/10.1155/2016/6042967

Youssef WT, Wazir YME, Ghaly MS, Khadragy RAE. Evaluation of the learning environment at the faculty of medicine, Suez Canal University: Students’Perceptions. Intel Prop Rights. 2013;1(1):1-7. Available from: https://www.academia.edu/20514773/

Brown T, Williams B, Lynch M. The Australian DREEM : evaluating student perception of academic learning environments within eight health science courses. Int J Med Educ. 2011;2:94-101. Available from: https://dx.doi.org/10.5116/ ijme.4e66.1b37

Bakhshialiabad H, Bakhshi M, Hassanshahi G. Students’ perceptions of the academic learning environment in seven medical sciences courses based on DREEM. Advance in Medical Education and Practice. 2015;6:195-203. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25848331

Lestari E. Gender as a predictor for academic achievement. Health Science Indones. 2010;1(1):1-7. Available from: http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/HSJI/article/view/34

Ferguson E, James D, Madeley L. Factors associated with success in medical school: systematic review of the literature. BMJ. 2002 Apr;324:952-7. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11964342

Djamarah SB. Psikologi Belajar. Jakarta; Rineka Cipta: 2002.142-17

Saptono YJ. Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Regula Fidei. 2016 Feb;1(1):189-212

Nikmah N. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa program studi D-III kebidanan STIKES Insan Se Agung Bangkalan. Publikasi Jurnal Web Nurun. [cited November 2018]. Available from: https://www.scribd.com/doc/316678934/No-4-Publikasi-Jurnal-Web-Nurun

Al-Ansari AA, Tantawi MMA. Predicting academic performance of dental students using perception of educational environment. Journal of Dental Education March 2015, 79 (3) 337-44 Available from: http://www.jdentaled.org/content/79/3/337.full

Anisah. Hubungan antara persepsi mahasiswa FK UPN “Veteran” Jakarta terhadap lingkungan pembelajaran dengan prestasi belajar [Tesis]. Jakarta: Universitas Indonesia;2010. Available from: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20339879-T21163-Anisah.pdf

Ugusman A, Othman NA, Razak ZNA, Soh MM, Faizul PNAK, Ibrahim SF. Assessment of learning environment among the first year Malaysian medical students. Journal of Taibah University Medical Sciences.2015 Dec;10(4):454-60. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1658361215000931

Agustine U, Liunokas OBT, Namuwali D. Hubungan faktor internal dan eksternal dengan prestasi belajar mahasiswa program studi keperawatan Waingapu. Jurnal Info Kesehatan. 2014 Des;13(2):723-30. Available from: http://docplayer.info/ 57228181-Hubungan-faktor-internal-dan-eksternal-dengan-prestasi-belajar-mahasiswa-program-studi-keperawatan-waingapu.html

Park KH, Park JH, Kim S, Rhee JA, Kim JH, Ahn YJ, Han JJ, Suh DJ. Students’ perception of the educational environment of medical school in Korea: findings from a nationwide survey. KJME. 2015 Jun;27(2):117-130. Available from: http://kjme.kr/upload/ pdf/kjme-27-2-117.pdf