Editorial Policies

Focus and Scope

Tarumangara Medical Journal adalah jurnal kedokteran dan kesehatan yang dikaji oleh pakar yang ahli dalam bidangnya. Tarumangara Medical Journal berfokus meningkatkan wasasan dan pengetahuan ilmu kedokteran dasar, kedokteran klinis dan kedokteran komunitas dengan pendekatan Evidence-Based Medicine berupa artikel asli.

Konten  Tarumanagara Medical Journal meliputi artikel-artikel terkini dalam bidang Biologi Molekuler, Histopatologi, Alergi dan Imunologi, Studi Sel Punca, Gizi, Geriatri, Farmakologi, Herbal, Infeksi dan Penyakit Tropis, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Obstetri dan Ginekologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Bedah, Neurologi, Oftalmologi, Otolaringologi, Dermatovenerologi, Psikiatri, Radiologi, Forensik, Rehabilitasi Medik dan Kedokteran Olah Raga.

 

Section Policies

Cover

Unchecked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Daftar Isi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Halaman Muka

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Editorial

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Artikel Asli

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Tinjauan Pustaka

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Tarumanagara Medical Journal (TMJ) menggunakan proses peer-review oleh ahli di bidangnya dalam mengevaluasi keakuratan dan kepentingan keilmuan setiap naskah yang diterima. Proses peer-review untuk mencegah pernyataan berlebih tentang hasil penelitian dan plagiarisme karena akan terjangkau oleh dokter, paramedis, dan masyarakat. 

Sebelum publikasi, setiap penulis harus menandatangani pernyataan yang membuktikan bahwa dia memenuhi kriteria kepenulisan rekomendasi  International Committee of Medical Journal Editors (ICMJE) dan telah mengikuti persyaratan Committee on Publication Ethics (COPE). TMJ hanya mengizinkan satu (1) penulis yang sesuai sebagai penulis koresponden pada setiap pengiriman naskah dan editor hanya akan berhubungan dengan penulis tersebut. Orang ini sepenuhnya bertanggung jawab untuk semua korespondensi dengan Jurnal dan akan menerima semua email terkait formulir, masalah kepenulisan, file manuskrip, dan lain-lain.

TMJ mengharapkan bahwa penulis artikel tidak memiliki konflik kepentingan terkait pihak manapun dalam proses penelitian, peer review sampai publikasi.

Para editor akan memutuskan publikasi atau penolakan naskah yang diserahkan hanya berdasarkan orisinalitas dan relevansinya dengan bidang jurnal, dan akan menghormati kerahasiaan informasi yang berkaitan dengan naskah yang dikirimkan. Para editor akan mengambil langkah responsif yang wajar ketika keluhan etika telah disampaikan mengenai naskah yang diserahkan atau makalah yang diterbitkan. Para editor akan memastikan bahwa komentar dan rekomendasi dari reviewer dikirim ke penulis pada waktunya. Para editor yang akan mengambil keputusan akhir untuk mempublikasikan atau tidak semua naskah yang kembali kepada editor.

Reviewer akan memperlakukan manuskrip yang diserahkan sebagai dokumen rahasia. Tinjauan harus dilakukan secara obyektif dan harus didukung oleh argumen yang jelas, untuk digunakan penulis dalam memperbaiki naskah mereka. Setiap reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau naskah atau tidak dapat memberikan tinjauan segera, harus mengirimkan pemberitahuan penarikan dari proses peninjauan ke editor segera setelah naskah diterima. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang terhubung pada naskah tersebut.

Kebijakan review Tarumanagara Medical Journal:

  • Setiap artikel direview oleh 2 orang mitra bebestari
  • Review jurnal menerapkan sistem blind review
  • Terdapat empat (4)  rekomendasi yang adapat diberikan oleh reviewer yaitu:
  1. Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan
  2. Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus me-review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing.
  3. Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi naskah di-review ulang.
  4. Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat
  • Dalam melakukan reviewreviewer mempertimbangkan : novelty, objectivity, method, scientific impact, conclusion, dan references.

 

Open Access Policy

Tarumanagara Medical Journal (TMJ) menyediakan akses terbuka untuk mendukung pertukaran ilmu secara luas.

 

Plagiarism Check

Dewan Editorial Tarumanagara Medical Journal (TMJ) akan memastikan bahwa setiap artikel yang dipublikasikan kesamaan skornya tidak akan melebihi 30%. Penyaringan plagiarisme akan dilakukan menggunakan Turnitin.

 

Publication Ethics

Tarumanagara Medical Journal (TMJ) hanya akan  menerbitkan artikel yang direview dan berkomitmen untuk memastikan kualitas setiap artikel dan berjalannya etika dalam publikasi.  Semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan (penulis, editor jurnal, peer reviewer dan penerbit) setuju untuk memenuhi tanggung jawab standar etika publikasi. Pernyataan etik pada jurnal ini berdasarkan the Committee on Publication Ethics (COPE) Best Practice Guidelines for Journal Editors.

 

Kewajiban Editor

Editor baik pimpinan redaksi maupun tim editor harus bertanggung jawab atas semua artikel yang diterbitkan dan harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk memastikan kualitasnya dan menjaga integritas rekam artikel yang telah dipublikasikan. Pemimpin Redaksi akan memutuskan publikasi atau penolakan naskah yang diserahkan hanya berdasarkan orisinalitas, signifikansi dan relevansinya dengan domain jurnal, dan akan menghormati kerahasiaan informasi yang berkaitan dengan naskah yang dikirimkan. Para editor menjaga kerahasiaan  mengenai manuskrip yang diserahkan dan semua komunikasi dengan penulis dan reviewer. Para editor akan mengambil langkah-langkah responsif yang wajar ketika keluhan etika telah disampaikan mengenai naskah yang diserahkan atau makalah yang diterbitkan. Editor memiliki tanggung jawab untuk memastikan proses peer review adil dan harus bertujuan untuk meminimalkan bias. Editor akan memastikan bahwa komentar dan rekomendasi dari pengulas dikirim ke penulis pada waktunya dan bahwa naskah dikembalikan ke editor, yang akan mengambil keputusan akhir untuk mempublikasikannya atau tidak. Editor tidak boleh memberikan indikasi status surat dengan jurnal kepada siapa pun selain penulisnya. Secara umum, editor tidak boleh berbagi makalah yang diserahkan dengan editor jurnal lain, kecuali dengan persetujuan penulis atau dalam kasus dugaan pelanggaran. Pemimpin Redaksi berada dalam posisi yang kuat dengan membuat keputusan tentang publikasi, yang membuatnya sangat penting bahwa proses ini seadil mungkin dan sesuai dengan visi jurnal. Editor tidak boleh terlibat dalam keputusan tentang makalah di mana mereka memiliki konflik kepentingan, misalnya jika mereka bekerja atau telah bekerja di institusi yang sama dan berkolaborasi dengan penulis, atau jika mereka memiliki hubungan pribadi dengan penulis.

 

Kewajiban Penulis

Tarumanagara Medical Journal (TMJ) tidak mengharuskan semua penulis makalah penelitian untuk menandatangani surat pengajuan, tetapi harus terdapat pernyataan  bahwa semua penulis yang terdaftar telah menyetujui semua konten, termasuk daftar penulis dan pernyataan kontribusi penulis. Penulis diminta untuk memasukkan pernyataan tanggung jawab dalam naskah yang menentukan kontribusi dari setiap penulis. Penulis harus memastikan bahwa karya mereka sepenuhnya asli dan sumber data diakui secara tepat. Plagiarisme dalam segala bentuknya, termasuk self-plagiarisme, tidak dapat diterima. Penulis harus memastikan bahwa naskah tersebut memenuhi ketentuan Pedoman Pengiriman Naskah dan setiap pernyataan harus discan dan dikirimkan viaemail dan pos/langsung.

Penulis utama bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perjanjian ini telah tercapai, bahwa semua penulis telah setuju untuk terdaftar dan menyetujui pengajuan naskah ke jurnal, dan untuk mengelola semua komunikasi antara jurnal dan semua rekan penulis, sebelum dan sesudah publikasi. Setiap perubahan pada daftar penulis setelah pengajuan, seperti perubahan urutan penulis, atau penghapusan atau penambahan penulis, harus disetujui oleh setiap penulis. Penulis utama bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan jurnal. Penulis utama juga harus secara jelas mengidentifikasi pada penyerahan materi apa pun dalam naskah yang sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain oleh penulis lain (misalnya, angka) dan memberikan izin tertulis dari para penulis dan / atau penerbit, sebagaimana mestinya, untuk penggunaan kembali bahan tersebut. Setelah diterima, buktinya dikirimkan ke penulis  utama, yang mengedarkannya ke semua rekan penulis dan berhubungan dengan jurnal atas nama mereka. Penulis utama bertanggung jawab atas keakuratan semua konten dalam bukti, khususnya bahwa nama-nama rekan penulis ada dan dieja dengan benar, dan bahwa alamat dan afiliasi yang tercantum juga sesuai.

 

Kewajiban peer-review

Reviewer akan memperlakukan manuskrip yang diserahkan sebagai dokumen rahasia. Tinjauan harus dilakukan secara obyektif dan setiap pengamatan harus didukung oleh argumen yang jelas, untuk digunakan oleh penulis dalam memperbaiki naskah mereka. Setiap reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau naskah atau tidak dapat memberikan tinjauan yang cepat, harus pada waktunya mengirimkan pemberitahuan penarikan dari proses peninjauan ke editor. Reviewer diharapkan profesional, jujur, sopan, cepat, dan konstruktif. Reviewer harus memberi tahu editor tentang publikasi yang berlebihan dan dugaan plagiarisme. Reviewer tidak boleh meninjau manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan. Reviewer dipersilahkan untuk merekomendasikan tindakan tertentu, tetapi mereka harus ingat bahwa peninjau lain dari makalah  tertentu mungkin memiliki keahlian dan/atau pandangan teknis yang berbeda, dan editor mungkin harus membuat keputusan berdasarkan saran yang bertentangan. Reviewer harus mengomentari secara akurat dan konstruktif pada kualitas interpretasi penulis data, termasuk pengakuan keterbatasannya. Reviewer harus mengomentari masalah etika apa pun yang diangkat oleh penelitian, atau kemungkinan bukti dari standar perilaku ilmiah yang rendah. Komentar rahasia kepada editor diterima, tetapi akan sangat membantu jika poin utama dinyatakan  dalam komentar untuk transmisi kepada penulis. Reviewer harus memberikan kepada editor, konteks dan perspektif yang tepat untuk membuat keputusan tentang penerimaan (dan/atau revisi) dari naskah.

 

Konfirmasi publikasi

Dalam kasus dugaan atau terbukti terdapat kesalahan ilmiah, penipuan publikasi atau plagiarisme, pimpinan redaksi, akan mengambil semua langkah yang tepat untuk memperjelas situasi dan mengamandemen artikel yang dipermasalahkan. Ini termasuk publikasi cepat dari suatu erratum atau dalam kasus yang paling parah, penarikan lengkap dari artikel publikasi yang bermasalah.

Penerbit dan Jurnal tidak mendiskriminasi berdasarkan usia, warna kulit, agama, keyakinan, kecacatan, status perkawinan, status veteran, asal kebangsaan, ras, jenis kelamin, predisposisi genetik atau status karier, atau orientasi seksual dalam program penerbitannya, layanan dan kegiatan.

 

Publication Ethics

Tarumanagara Medical Journal is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on medicine and materials as well as related topics that has neither been published elsewhere in any language, nor is it under review for publication anywhere. This following statement clarifies ethical behavior of all parties involved in the act of publishing an article in this journal, including the author, the editor, the reviewer, and the publisher (Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara). This statement is based on COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.